IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 17 Juli 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 17 Juli 2020

1. Doding Haleluya No. 2:1

Puji Jahowa ale tonduyhu, puji ma Ia Naibatamin
Paima bois ope bohalhu, sai pujionku layak-Ni in
Sitompa daging tonduy pe, ningon ipuji do hape
Haleluya, Haleluya.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 44:10

Ai ise do sidea sipauli naibata, situang gana-gana na so marguna ai?
Siapakah yang membentuk allah dan menuang patung yang tidak memberi faedah?

4. Renungan

Sebuah benda (misalnya paku) diberikan oleh orangtua kepada anaknya yang akan berangkat menuju perantauan. Paku tersebut akan menjaga anaknya dari mara bahaya dan akan menjaganya dari makhluk-makhluk yang tidak kelihatan.

Paku itu menjadi berhala bagi si anak jika ia percaya dan menaruh hidupnya tunduk kepada perintah orangtuanya. Pertanyaannya adalah apakah sebuah paku memiliki kekuatan? Apakah paku dapat melindungi dari mara bahaya dan makhluk halus? Kita akan mengatakan tidak, tetapi bagi sebagian akan mengatakan ya. Paku adalah benda yang terbuat dari besi yang ujungnya tajam dan bagian pangkalnya bulat untuk dapat ditokok di dinding atau di permukaan yang lain. Paku itu adalah buatan manusia. Lalu jika paku tersebut bersumber dari dunia ini mengapa manusia percaya dan mengantung hidupnya padanya?

Allah marah dan menegur sikap bangsa Israel (Yehuda) pada zaman Yesaya yang membentuk allah lain dan menuang patung dengan harapan akan memberi keselamatan dan kelepasan kepada mereka. Itu tidak ada gunanya. Allah membenci bangsa yang menyembah berhala dan tidak mau dikhianati oleh bangsaNya. Allah tidak dapat dibandingkan dengan allah lain atau apapun yang ada di dunia ini. Jika allah lain itu dibuat oleh tangan manusia, Tuhan Allah tidak demikian, Ia bukan ciptaan manusia tapi Ialah yang menciptakan manusia. Sehingga Allah melarang bangsaNya untuk berpaling dariNya.

Secara khusus pada masa pandemi ini, jangan pernah terpengaruh untuk menduakan atau meninggalkan Tuhan. Walau banyak tawaran dari orang lain untuk percaya kepada allah-allah lain jangan mudah terpengaruh. Tetaplah bersandar dan percaya hanya kepada Allah yang sungguh mengasihi kita, pencipta dan penebus kita di dalam Yesus Kristus yang setia dan tidak pernah meninggalkan kita. Bersama Tuhan kita pasti selamat dari virus. Ia maha kuasa, Ia mampu menjaga dan menyelamatkan kita dari segala ancaman dan ketakutan yang mungkin datang. Sebab dalam naunganNya kita aman. Amin.

5. Doding Haleluya No. 453:1

Pitah Ham Tuhan, hatundalan na toguh
Humbai ganup paruntolon na i tanoh on
Bani haganup pardalanan, pitah Ham panjaga na gogoh
Ondos ma Tuhan, hanai on nuan, ‘se torsa sadokah goluh on.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.