IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 20 Juli 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 20 Juli 2020

1. Mandoding Hal no 130:1
Ai domma jumpah au ondolan ni tonduyhin na magou in
Daroh ni Jesus do manahan sadokah ni dokahni in
Maseda pe dunia on tongtong togap ondolan on

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Musa 28 : 1
Dob ai idilo si Isak ma si Jakob, ipasu-pasu ma ia, anjaha nini ma marsahap bani, “Ulang buat humbani boru Kanaan parinangonmu”
Kemudian Ishak memanggil Yakub, lalu memberkati dia serta memesankan kepadanya, katanya “Janganlah mengambil isteri dari perempuan Kanaan”.

4. Renungan

Sejarah umat Allah menunjukkan bahwa keturunan adalah hal yang penting, bukan hanya untuk keberlanjutan keturunan keluarga atau marga tetapi lebih penting adalah untuk neneruskan pesan atau rencana Tuhan dalam kehidupan ini. Itu sebabnya Allah mengatakan kepada Abraham agar beranak cucu dan bertambah banyak karena ada rencana Allah disitu yaitu menjadi berkat bagi semua orang.

Ishak juga tentu menginginkan agar anaknya dapat meneruskan tradisi keluarga dan meneruskan perjalanan orang yang dipilih dan diberkati oleh Allah. Yakub yang saat itu sedang bermasalah dengan abangnya Esau diminta oleh Ribka ibunya pergi ke rumah Laban, tulangnya. Sebelum pergi Ribka meminta agar Ishak memberkati dan memesankan kepada Yakub agar mengambil salah seorang putri Laban menjadi istrinya. Ishak mengatakan agar Yakub tidak mengambil orang Kanaan menjadi istrinya. Mengapa? Pengalaman Ribka berhadapan dengan orang Kanaan keturunan Het, adalah kurang menyenangkan. Memang keturunan Het atau Kanaan sudah ditentukan menjadi hamba bagi keturunan Sem nenek moyang Ishak. Karena itu Ribka meminta agar Ishak menyampaikannya kepada Yakub.

Rencana Allah dalam kehidupan kita tentu harus kita dukung bersama dengan keluarga kita. Mengenal siapa yang akan mendukung kita adalah hal yang penting, sama seperti yang dilakukan Ishak. Kita tentu diberi oleh Tuhan kemampuan untuk melihat dengan mata hati dan mengenal orang lain dengan baik. Pengenalan itu tentu akan menghindarkan kita dari kesalahan dan penyesalan. Kita ingin agar keluarga kita tidak menjadi batu sandungan bagi orang banyak dan menjadi hambatan bagi keberimanan kita. Akhirnya kita bisa bersama-sama menghadapi tantangan dan menjalankan peran sebagai berkat bagi sekitar kita. Amen.

5. Mandoding Hal no 105:1
Hanami na satangga on i lobeiMu o Jesuskin
Ham ihutkononnami.
Ham ma ompung ni hanai on sadokah na marhosah in
Sai pasu Ham hanami
Ham ma Raja ihutonkon pangguruon sisungkunon
Tong bai hataMu o Tuhan.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.