IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 21 Juli 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 21 Juli 2020

1. Doding Haleluya No. 347:1

Batu gingging na toguh, Ham do batar-batarhin
Na gogoh toguh do Ham, bai gilumbang tahan Ham
Sai hudilo Jesus in, tolong au anak-Mu on

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 75:11

Upakkononni do ganup tanduk ni halak parjahat, tapi pagijangon do ia tanduk ni halak parpintor.
Segala tanduk orang-orang fasik akan dihancurkan-Nya, tetapi tanduk-tanduk orang benar akan ditinggikan.

4. Renungan

Selama kita hidup, kita tidak dapat terbebas dari pergumulan, derita , kegagalan dan kekuatiran. Pertanyaannya adalah, siapa yang kita percayai untuk menolong kita di saat kita membutuhkan pertolongan? Kepada siapa kita datang dan bersandar ketika kita ragu akan arah langkah yang akan kita ambil. Kemana kita mencari keadilan ketika ketidakadilan mendera kita?

Mazmur 75 menggambarkan Allah selaku Hakim Agung: benar, kudus, jujur dan adil dalam segala sesuatu. Hanya Allah yang berkuasa membenarkan segala yang salah, satu-satunya yang dapat kita andalkan melakukan yang benar senantiasa.

Allah memiliki kuasa, kekuatan dan kemampuan mengontrol dan mengatur segala sesuatu. Karena itu kita dapat memuji-Nya dalam segala situasi dan kondisi, kondisi yang baik maupun buruk karena kita tahu bahwa Ia akan memperlakukan segala sesuatu dengan benar dan adil sebagaimana dinyatakan nas kita: “Segala tanduk orang-orang fasik akan dihancurkan-Nya, tetapi tanduk-tanduk orang benar akan ditinggikan”. Apa pun yang sedang kita hadapi, baik kondisi pandemi Covid-19 ini, marilah kita senantiasa bersandar pada kasih karunia dan penyertaan Allah, satu-satunya yang mampu mengubah segala sesuatu yang telah “jungkir balik” kembali kepada “posisi yang benar”.

Sikap yang tepat menghadapi ketakutan dan kekuatiran adalah datang kepada Tuhan, satu-satunya yang dapat menenangkan segala ketakutan kita dan memberi kita jaminan dan menjanjikan kepada kita pengharapan dan keselamatan. Di tengah-tengah kesulitan dan pergumulan, tetaplah bersandar pada Dia yang berkuasa memutarbalikkan dan mengembalikan segala sesuatu. Amin.

5. Doding Haleluya No. 380:3

Gok pe paruntolon, gok pe paruntolon, bani goluhta on.
Mangajamkon Jesus, mangajamkon Jesus, monang do hita on.
Sai martonggo ulang holang, ase monang hita on.
Ase das ganupan hita hu bani na sonang.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

1 thought on “IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 21 Juli 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.