IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 27 Juli 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 27 Juli 2020

1. Mandoding Hal no 223:1
Domma das bai hita on hata hagoluhan
Na pasonang sai tongtong uhur pardousaon
Anggo jinaloni in gabe na porsaya
Bai Tuhanta Jesus in na mangusir dousa

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Podah 2 : 1+5
Ale anakku, anggo ijalo ho hatangku anjaha iparimbagaskon ho titahku, jadi arusanmu ma biar dompak Jahowa, anjaha jumpah ho habotohon pasal Naibata.
Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan Tuhan dan mendapatkan pengenalan akan Allah.

4. Renungan

Nasehat kepada anak pasti ada dalam setiap tradisi, dalam setiap keluarga. Nasehat sangat penting untuk membekali anak dalam menghadapi kehidupan ini dan dalam mempersiapkan masa depannya. Di samping itu nasehat juga menjadi medium untuk meneruskan tradisi atau kebiasaan dalam satu garis keturunan sehingga generasi berikut dapat tetap memahami nilai-nilai dan melakukan sesuatu yang ada dalam satu keluarga.

Dalam Alkitab juga disebutkan tradisi umat Allah yang selalu memberikan nasehat kepada anak, dengan tujuan salah satunya adalah untuk melanjutkan kehidupan yang selalu menuruti firman Tuhan atau perintah Tuhan (Taurat). Hal ini tentu dalam rangka mempertegas identitas mereka sebagai umat Allah, yang berbeda dari orang lain.

Secara khusus raja Salomo dalam Amsal ini mengingatkan agar anak selalu mendengarkan ajaran orang tua serta hidup di dalamnya. Secara khusus disebutkan bahwa tujuan menerima perkataan orangtua adalah untuk memperoleh pengertian dan takut serta lebih mengenal Tuhan. Tentu hal ini menuntut pertama-tama agar orang tua untuk hidup dan melakukan Firman Tuhan sehingga mereka akan mampu menyampaikan yang baik dan benar kepada anak-anaknya. Selanjutnya anak-anak diminta untuk menerima nasehat yang baik itu demi kehidupan yang mencerminkan kehendak Tuhan.

Di masa sekarang ini tentu kita juga harus meneruskan nasehat yang baik itu kepada anak-anak kita agar mereka lebih memahami nilai sebagai orang percaya. Upayakan agar nasehat atau kata-kata yang diucapkan oleh orang tua benar-benar untuk membentuk karakter anak orang beriman. Kiranya Tuhan tetap memakai orang tua sebagai alatnya untuk meneruskan tradisi dan ajaran yang baik dan benar. Amen.

5. Mandoding Hal no 207:2
Sai ajari Ham hanami na tongtong ibagas haotoon in
Sai porsaya ma hanami Ham tumang do hagoluhannami in
Roh dokahni roh dohorni uhurMu bai uhurnami
Sai sadalan pakon hataMu hanami

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.