IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 28 Juli 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 28 Juli 2020

1. Doding Haleluya No. 216:1-2

Tonggor ma jenges ni in, ganup na sauhur in.
Parpambaenan na bujur, ’ge hataNi pe botul

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Parambilan 11:2

Bahen ma ai marbagi pitu atap ualuh, ai seng ibotoh ho atap hasedaon aha do na sihol masa hu atas tanoh on.
Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang, karena engkau tidak tahu malapetaka apa yang akan terjadi di atas bumi.

4. Renungan

Kekayaaan dan uang secara serta merta dapat menjadi ilah (idol) dalam hidup kita dan jika kita biarkan hal itu mengambil tempat sentral maka itu dapat menggantikan posisi Allah dalam hidup. Jangan biarkan itu terjadi. Pastikanlah bahwa kita menginginkan kekayaan untuk tujuan yang baik dan mulia: demi keluarga, menolong sesama dan membawa jiwa-jiwa kepada Kristus.

Nas hari ini mengajak kita untuk bermurah hati dengan tangan terbuka selaku orang Kristen. Memberi dengan tulus, bijak dan penuh kemurahan kepada sesama yang membutuhkan “Lemparkanlah rotimu ke air”(ay.1) adalah juga ungkapan Israel untuk menggambarkan hal yang terlihat sebagai suatu pemborosan. Akan tetapi di sini kita dianjurkan melakukannya dengan sukacita, bukan untuk berfoya-foya dan berleha-leha namun adalah suatu keinginan hati untuk mengambil kesempatan berkontribusi ketika kebutuhan nyata di depan mata.

Karena itu kita harus bermurah hati memberi dengan sasaran yang seluas mungkin. “Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang..”. Bukan maksudnya membatasi berapa banyak daftar pertolongan yang akan kita berikan, tetapi ungkapan Ibrani ini ingin mengatakan: Berikanlah kepada sebanyak mungkin semampumu, bermurah hatilah selama kesempatan masih ada “karena engkau tidak tahu malapetaka apa yang akan terjadi di atas bumi”.

Memberi dan bermurah hati adalah merupakan tanda seseorang telah “hidup dalam kepenuhan” dari Tuhan, seperti awan-awan yang sarat dengan hujan dan mengosongkan dirinya berulangkali demi bumi. Kehidupan yang dipenuhi berkat dan karunia Allah akan mencurahkan berkat kepada orang lain. Ingatlah perkataan Yesus: “Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma” (Mat. 10:8). Kita memberi karena memang itulah tabiat alami dari hidup yang telah dipenuhi berkat dan karunia Allah, bukan hanya material tapi juga berkat rohani dan kebahagiaan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 446:1

Sisada angkula do hita ganupan, ragam ni pagori do hita tongon
Na sombuh bayak dos do in bani Tuhan seng dong ilioi isarihon do tong
Tuhanta do na gabe Hayu anggur, rantingni do hita on hajojor
Jolom ma Jesus ulang ham pandur, ase tabun marbuah na ramos

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.