IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 1 Agustus 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 1 Agustus 2020

1. Doding Haleluya No. 204:1

Tatap hanai on na humpul ijon
Sihol do pujion nami layak-Mu o Tuhannami
Tatap hanai on, na humpul ijon.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 44:3

Ai useihonon-Ku do bah bani tanoh na horah, ampa bah mardalan bani tanoh dorging-dorging: Useihonon-Ku do Tonduy-Hu bani dakdanakmu ampa pasu-pasung-Ku bani ginomparmu.
Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.

4. Renungan

Agar tubuh sehat paling sedikit kita harus meminum air putih 8 gelas sehari. Jika suatu saat kita kehausan kita akan mencari air minum. Demikian juga dengan tumbuh-tumbuhan yang kekurangan air pasti mudah layu. Tetapi kalau kita menyiraminya maka tanaman itu akan kembali segar. Rohani juga dapat mengalami kekeringan, yakni di saat ada persoalan rumah tangga, ekonomi, relasi dengan rekan-rekan kerja yang tidak baik dan sebagainya. Hal tersebut dapat membuat kita bertanya, Tuhan dimanakah Engkau? Kita menganggap bahwa Tuhan tidak lagi peduli.

Konteks nas ini adalah saat bangsa Israel berada di pembuangan Babel. Perasaan mereka hancur, rohani mereka kering, dalam arti mereka menganggap Tuhan sudah tidak mengasihi mereka lagi. Tetapi melalui nabi Yesaya, Tuhan memberikan firman untuk menghibur hati mereka yang hancur, Tuhan tetap mengasihi dan mencurahkan Roh-Nya. Tuhan mau menyelamatkan bangsaNya dari pembuangan di Babel, tetapi juga Dia mau memakai bangsa itu sebagai terang bagi bangsa-bangsa lain.

Melalui nas ini kita juga dihiburkan di saat menghadapi pandemi covid-19. Terkadang kita merasa sedang dihukum Tuhan. Tuhan tidak mengasihi kita lagi. Tetapi firman Tuhan ini meyakinkan kita bahwa Tuhan tetap menyertai melalui Roh Kudus-Nya. Tuhan tetap memberi kasih-Nya bagi semua manusia. Untuk itu biarlah kita berserah dalam doa serta setia melakukan firman-Nya, mengikuti protokol kesehatan di era normal baru ini. Firman Tuhan dapat membuat jiwa kita tidak lagi kehausan tetapi segar dan dapat bertumbuh. Berkat Tuhan juga tercurah dan akan diberikan-Nya juga kepada anak, cucu kita. Hidup kita juga dipakai-Nya menjadi berkat bagi sesama kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 80:1

Ham o Tonduy Napansing in, masuki uhurnami bei,
papansing uhurnami.
Ham sondang na hun surga in, sondangi uhurnami bei, pamalas uhurnami.
Ase masa gabe Hata-Mu ma dalanonkon nami,
uhur-Mu ma hubennami.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.