Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 4 Agustus 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 4 Agustus 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 4 Agustus 2020

1. Doding Haleluya No. 118:1

Tuhan Jesus Siparmahan ganup biri-biri do.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham
Sai irikkononku Ham, sai irikkononku Ham.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Rut 2:12

Sai Naibata ma mambalaskon hubamu sagala na madear na binahenmu ai, anjaha upah na gok ma bagianmu humbani Jahowa, Naibata ni Israel, na pinarayakmu laho maronding-onding hutoruh ni habong-Ni.
TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung.

4. Renungan

Kehidupan Rut adalah contoh nyata dari iman, kepercayaan dan kesetiaan. Dia tidak membiarkan situasi dan kondisi membuatnya menjadi takut dan kecut. Sebaliknya justru dia semakin percaya bahwa Allah akan campurtangan dengan cara-Nya yang luar biasa untuk memberikan kemenangan baginya. Rut sangat dikenal di kalangan Israel dikarenakan keputusannya untuk tidak pernah meninggalkan ibu mertuanya Naomi. Karena Boas telah banyak mendengar tentang sosok Rut, maka pada saat ia berjumpa dengannya, dia berkata: “TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu…” Ketulusan, kesederhanaan dan optimisme adalah bagian dari karakter Rut. Orpa, adalah menantu lain yang memutuskan untuk kembali kepada kebiasaan lama atau keberhalaan. Dia juga sebenarya telah melihat di dalam diri Naomi mertuanya apa yang dilihat Rut. Akan tetapi Rut telah bersikukuh dalam komitmennya untuk tetap setia kepada Naomi yang telah memperkenalkan Allah Israel kepadanya sehingga ia mampu menyatakan iman dan kepercayaannya kepada Allah yang hidup dengan tetap setia kepada Naomi dan Allahnya. Perbuatan kita menunjukkan iman dan kepercayaan yang bagaimana yang ada pada kita (Yak. 2:17). Tuhan akan memberikan upah atas kesetiaan kita seperti yang telah diperbuat-Nya kepada Rut.

Ketika Boas mengatakan kepada Rut bahwa Tuhan akan membalaskan kebaikannya, dia tidak membayangkan bahwa justru dialah yang dipakai Tuhan menjadi alat-Nya untuk membalaskan perbuatan baik dari Rut. Boas hanya memahami bahwa Rut telah datang berlindung di bawah sayap Allah, namun ternyata Allah telah mengembangkan sayap-Nya dan memperluas kasih karunia-Nya dengan menempatkan Rut berada dalam tanggungan Boas. Menurut aturan Yahudi, selaku keluarga dekat dari Naomi, Boaslah yang layak untuk menebus dan mempersunting Rut. Walaupun Rut masih muda dibanding Boas, tapi dialah yang ditetapkan untuk meneruskan keturunan dalam garis rencana keselamatan Allah sekaligus memberi cucu bagi Naomi untuk menghibur duka laranya. Karenanya, Rut menerima Boas menjadi suaminya.

Melalui nas pagi ini marilah kita meneladani Rut dalam menghadapi kesulitan dan penderitaan khususnya Pandemi Covid-19 ini, tetap memfokuskan pandangan kita kepada Tuhan Yesus Kristus penebus kita. Yesus adalah Tuhan yang menyempurnakan dan menggenapkan iman kita. Dia senantiasa menolong kita berjalan bersama-Nya bagaimanapun beratnya situasi yang sedang kita hadapi. Optimis dan iman kitalah yang membuat Allah memandang kepada kita, dan karena kita berkenan bagi-Nya maka Ia mengembangkan sayapnya menjadi tempat perlindungan bagi kita. Dia mengingatkan kita untuk tidak kuatir dan takut karena kita akan tetap aman bersama Dia dan di tangan-Nya saja masa depan kita terjamin. Sayap-Nya telah dikembangkan untuk memberikan perlindungan-Nya bagi kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 380:3

Gok pe paruntolon, gok pe paruntolon, bani goluhta on.
Mangajamkon Jesus, mangajamkon Jesus, monang do hita on.
Sai martonggo ulang holang, ase monang hita on.
Ase das ganupan hita hu bani na sonang.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.