Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 15 Agustus 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 15 Agustus 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 15 Agustus 2020

1. Doding Haleluya No. 401:1

Hupuji hupasangap Ham, Bapa pardear layak
Ganupan ijadihon Ham sonai age na masa
Itompa Ham ganup hape, dagingku pakon tonduy pe.
Napuji ma Goran-Mu.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 67:3

Ase ibotoh halak na i tanoh on dalan-Mu, anjaha ibotoh sagala bangsa hatuahon-Mu.
Supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa.

4. Renungan

Ada ungkapan yang mengatakan “malu bertanya, sesat di jalan”. Makna ungkapan tersebut adalah untuk mengingatkan kita agar kita mau bertanya. Kita bertanya pada orang yang tepat. Dengan memperhatikan petunjuk yang diberikan, tentulah kita tidak tersesat di jalan. Tetapi kita akan tiba ke alamat yang kita tuju. Maka kita bersyukur dan berterimakasih kepada orang yang telah menolong kita.

Pemazmur bersyukur atas kemurahan Tuhan yang telah mengabulkan permohonannya. Tidak hanya itu saja, ternyata Tuhan juga senantiasa memberikan berkat-Nya kepada pemazmur yakni melalui bangsa Israel dan juga seluruh bangsa-bangsa di dunia. Dengan wajah-Nya Allah menyinari umat-Nya. Dan ketika Tuhan menyatakan diri-Nya umat merasa tertolong. Sebab terang itu tidak dapat dibatasi. Jika Tuhan hadir dalam terang-Nya, maka orang-orang yang tinggal dalam kegelapan pun akan melihat terang-Nya. Dengan demikian mereka selamat.

Janji Allah tentang berkat kepada Abraham dan keturunannya awal-mulanya dimaksudkan untuk semua kaum di atas bumi. Setiap orang akan nyata menerima berkat-Nya kalau orang tersebut mendengarkan firman Allah dan mengimaninya. Untuk kita semua umat Tuhan saat ini juga telah diberikan Tuhan berkat-Nya. Bukan saja berkat materi tetapi juga berkat rohani. Tuhan telah memberikan Anak-Nya yang Tunggal yaitu Yesus Kristus supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Yoh. 3:16).

Demikian juga firman-Nya sebagai petunjuk hidup kita sehari-hari dalam menghadapi situasi suka maupun duka. Tujuan Allah memberikan berkat-Nya bagi kita semua adalah agar kita juga dapat menjadi alat Tuhan menyalurkan berkat-Nya kepada sesama kita. Untuk itu kita perlu memohon hikmat dan kekuatan dari Tuhan agar kita dapat mengimani dan melakukan firman-Nya dalam hidup kita di mana pun kita berada. Tujuan-Nya adalah sesuai dengan yang disaksikan oleh pemazmur dalam nas harian kita ini yaitu supaya jalan Tuhan dikenal di bumi, dan keselamatan dari Tuhan dikenal di antara segala bangsa. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 376:1

Ikut dikau saja Tuhan, jalan damai bagiku;
Aku s’lamat dan sentosa hanya oleh darahMu
Reff.
Aku ingin ikut Dikau dan mengabdi pada-Mu
Dalam Dikau, Jurus’lamat, ku Bahagia penuh!

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.