Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 17 Agustus 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 17 Agustus 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 17 Agustus 2020

1. Mandoding Hal no 406:1
Hatahononta diatei tupa ma, ai negaranta tanoh na lambut
Laut bolag dolog ni pe ratah talun jenges appar do haganup
In haganupan pasu-pasuNi simada kuasa Tuhan Naibata
In Haganupan pasu-pasuNi simada kuasa Tuhan Naibata

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 66 : 18
Ai hutanda do horja ampa pingkiran ni sidea; anjaha roh do Ahu laho patumpuhon sagala bangsa ampa sahap; jadi roh ma sidea, anjaha idahonni ma hasangaponKu
Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaanKu

4. Renungan
Hari ini bangsa Indonesia merayakan hari Kemerdekaan yang ke 75. Sungguh kita bersyukur karena kita hidup sebagai bangsa yang merdeka yang sederajat dengan bangsa-bangsa yang lain. Kemerdekaan yang kita akui sebagai rahmat Tuhan, sesuai dengan Pembukaan UUD 45, itu menjadi dasar bagi kita juga untuk merayakan hari kemenangan ini. Kemerdekaan memang selalu dirindukan oleh semua orang.

Dalam perjalanan umat Allah juga digambarkan bagaimana kemerdekaan itu selalu dirindukan, terlebih ketika bangsa Israel berada di pembuangan Babel. Di sana mereka tidak terkungkung tetapi status mereka sebagai bangsa yang terbuang membuat mereka tidak sebebas ketika mereka berada di tanah Israel. Allah menjanjikan kepada mereka bahwa mereka akan dikembalikan ke Jerusalem. Janji Allah itu ditepati dengan cara Allah sendiri.

Dalam bacaan kita disebutkan bahwa Allah membebaskan bangsa Israel tetapi juga menghukum orang-orang yang menentang Dia, karena Allah tahu siapa mereka dan apa rancangan yang ada dalam pikiran mereka. Allah mampu bertindak pada semua bangsa, sehingga akhirnya semua bangsa mengenal Allah dan ikut memuliakan Allah. Tindakan Allah ini juga akhirnya sampai kepada pengakuan bahwa bangsa Israel selalu dilindungi dan dimerdekakan Allah.

Kemerdekaan yang kita alami juga adalah karya Allah. Kita bebas dari dosa dan kematian, kita bebas dari penjajahan, kita bebas dari banyak hal, semua karena Allah. Karena itu kita harus memuliakan nama Tuhan. Di masa pandemi Covid-19 ini juga kita harus tetap bersikap sebagai orang yang merdeka agar kita bisa menang dari siatuasi yang kurang baik ini. Kita juga tetap berharap agar Allah juga tetap berkarya membebaskan kita dari virus tersebut. Amen.

5. Mandoding Hal no 7:2
Ai ambit ondos ma sorangku bai ujung ni dunia on
Sagala jolma arahonku mamuji Naibata tongtong
Talup do gok ni uhurhin hubaen pasangap Tuhan in

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.