Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 22 Agustus 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 22 Agustus 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 22 Agustus 2020

1. Doding Haleluya No. 501:1

Sada ma ganup na tardilo rup, manjalo Tuhan in.
Mandoding rumbuk, marmegah pe rup, mamuji goran-Niin

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 138:8

Jahowa do na pasaloseihon bangku, Ham Jahowa, ronsi sadokah ni dokahni do idop ni uhur-Mu. Ulang ma tadingkon Ham jadi-jadian ni tangan-Mu.
Tuhan akan menyelesaikannya bagiku. Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya, janganlah Kau tinggalkan perbuatan tangan-Mu.

4. Renungan

Pengalaman setiap orang dalam pekerjaan yang telah dimulai adalah berharap supaya pekerjaan yang telah mulai dikerjakannya dapat diselesaikan dengan baik. Tetapi pada kenyataannya bisa jadi tidak dapat selesai. Hal tersebut terjadi adalah karena hanya mengandalkan kekuatannya sendiri. Oleh sebab itu adakalanya seseorang itu gampang menyerah, jenuh dan mundur dari pekerjaan tersebut.

Berbeda dengan yang ditunjukkan pemazmur dalam nas ini. Ia tidak hanya percaya kepada Tuhan, tetapi ia juga memohon kekuatan Tuhan dicurahkan baginya supaya ia dapat menyelesaikan pekerjaannya. Ia yakin Tuhan akan menyelesaikannya bagi pemazmur. Selanjutnya pemazmur (bangsa Israel) memuji Tuhan dengan nyanyian syukur atas pertolongan Tuhan karena pada waktu pemazmur berseru, Tuhan menjawab pemazmur, dan Tuhan menambahkan kekuatan dalam jiwa pemazmur. Ketika pemazmur dalam kesesakan Tuhan mempertahankan hidup pemazmur. Tuhan juga menyelamatkan pemazmur dari amarah musuh. Itu semua adalah karena kasih setia Tuhan untuk selama-lamanya bagi setiap orang yang percaya dan selalu datang memohon kepada-Nya.

Demikian jugalah kepada semua umat Tuhan pada saat ini. Atas kasih setia Tuhan dalam Kristus Yesus, kita memperoleh keselamatan. Menyanyikan syukur kepada Tuhan. walaupun ada sesuatu hal yang kita sadari belum dapat kita selesaikan, mari kita berserah penuh kepada Tuhan serta memohon dengan kerendahan hati, Tuhan Maha Kuasa dan Maha Kasih akan menyelesaikannya bagi kita.

Oleh karena itu kita tidak boleh lengah dan putus asa terhadap kesesakan karena musuh-musuh rohani kita maupun karena dampak covid-19 ini. Mari bersama-sama seperti pemazmur senantiasa meyakini bahwa dalam hidup kita ada “perbuatan tangan Tuhan”. Itu jugalah pernyataan kepercayaan dan permohonan kita kepada Allah sekarang dan masa yang akan datang. Amin.

5. Doding Haleluya No. 480:1

Bapa, parholong bangku on, na manramothon goluhkon,
Age ija pe au tongtong, ijaga Ham.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.