IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 29 Agustus 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 29 Agustus 2020

1. Doding Haleluya No. 450:1

Sihol do uhur nami Tuhan
Pajumpah bohi pakon ni Ham
Sai roh ma Ham sonari Tuhan!
Podahi Ham hanami.
Sai roh ma Ham sonari Tuhan!
Podahi Ham hanami.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 26:3

Ai tongtong do i lobeihu idop ni uhur-Mu, anjaha romban hubani hasintongan-Mu do ahu marparlahou.
Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu.

4. Renungan

Setiap orang pasti pernah menghadapi ujian dalam mengikuti proses pendidikan belajar mengajar. Perasaan setiap orang berbeda-beda sewaktu menghadapi ujian tersebut. Bisa saja ada yang takut, karena ia tidak belajar sungguh-sungguh, takut gagal. Tetapi ada juga peserta karena ia sudah belajar sungguh-sungguh, ia tenang dan yakin akan lulus ujian.

Dalam kehidupan ini pun setiap orang Kristen menghadapi berbagai ujian dan kita kesulitan menghadapinya. Misalnya sekarang ini adalah dalam menghadapi musuh yang tidak kelihatan yakni pandemi covid-19. Di suatu lapangan pelatihan tentara ada tertulis semboyan demikian: “Kalau ragu-ragu lebih baik pulang”. Semboyan tersebut menegaskan kepada setiap calon prajurit agar tidak ragu-ragu dalam menempuh ujian demi ujian bagaimanapun beratnya. Karena orang yang ragu-ragu pasti sudah tidak diterima dan pasti akan gagal.

Pemazmur dalam nas renungan ini yakni Daud, ia tidak ragu-ragu tetapi percaya kepada Tuhan. Ia siap diuji dan diselidiki batin dan hatinya. Selanjutnya mata Daud tertuju kepada kasih setia Tuhan dan Daud hidup dalam kebenaran Tuhan.

Bagaimana dengan kita warga gereja saat ini? Pandemi covid-19 berdampak pada kehidupan ekonomi, iman/spiritualitas, kesehatan fisik, psikis, sosial dan lain-lain. Daud matanya tertuju kepada kasih setia Tuhan dan hidupnya dalam kebenaran Tuhan, itulah yang membuatnya tenang dan menang dalam ujian kehidupan. Bagaimanakah dengan kesiapan iman kita? Sudahkah kita siap diuji dan diselidiki batin dan hati kita masing-masing oleh Tuhan? Bagaimanakah “mata” dan “hidup” kita masing-masing? Hidup dengan percaya sepenuhnya kepada kemahakuasa-an Tuhan serta melakukan kebenaran firman-Nya, memampukan setiap orang percaya siap dan menang dalam menghadapi segala ujian dalam kehidupan sekarang dan masa yang akan datang. Amin.

5. Doding Haleluya No. 275:7

In pe haporsayai ma Tuhan, bujur horjahon rupeimin,
Sai Ia ma tongtong irikkon, ajamkon panumpak-Ni in,
Na mangajamkon Tuhan in, seng anjai boi tartading in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 08/28/2020 — 3:08 pm