Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 4 September 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 4 September 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 4 September 2020

1. Doding Haleluya No. 107:1

Irikkon nasiam ma Au, sonai nini Tuhanta
Sai parnalang ma dirimu, hating-Ku ma lah harga
Sai mambur bahenlah ganup,
Parlahoumin na so talup

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Petrus 4:14

Martuah do nasiam, anggo hona risa nasiam halani goran ni Kristus, ai sogop do bani nasiam Tonduy Hasangapon, Tonduy ni Naibata.
Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

4. Renungan

Kebahagiaan adalah yang dicari oleh semua orang. Orang-orang bekerja keras meraih asa hingga satu ketika ia menggapai kebahagiaannya. Namun ada kata bijak mengatakan, “Kebahagiaan itu tidak ditentukan oleh situasi dan kondisi yang dialami tapi bahagia ditentukan oleh hati kita sendiri”. Sebab bahagia itu adalah pilihan.

Nas renungan hari ini mengingatkan bahwa ada resiko yang harus kita tanggung, alami dan hadapi karena mengikut Kristus yakni dinista oleh orang lain. Dinista, dihina, diejek atau di bully karena mempertahankan iman kepada Kristus. Menurut ukuran dunia ini, hal ini sangat merugikan kita, karena kita menanggung beban yang berat, menjadikan kita tidak ditolak bahkan dianiaya. Orang-orang yang tidak mau menanggung resiko mungkin akan segera mengambil keputusan untuk meninggalkan imannya, meninggalkan Yesus. Lebih baik tenang, nyaman, bergaul dan diterima oleh dunia ini.

Dengan kekuatan dan kemampuan kita sendiri yang terbatas itu, mungkin kita akan lemah dan tak mampu untuk menahan serangan nista dari dunia ini. Maka kita memerlukan topangan dan kekuatan dari Tuhan melalui Roh Kudus-Nya. Roh Allah yakni Roh Kuduslah yang akan memampukan kita untuk bertahan walau kita menerima cercaan namun tetap bertahan mengikut Kristus. Karena kita yakin kita dikuatkan dan diteguhkan menahan derita itu karena ada mahkota yang akan diberikan bagi orang yang selalu setia mengikut Kristus.

Bagi Petrus adalah suatu keistimewaan dan kebahagiaan bagi orang percaya ikut menderita seperti yang dialami oleh Kristus. Kita berbahagia dan diberkati karena dihina demi nama Kristus. Mungkin manusia akan menghina kita namun Roh Tuhan ada pada kita. Inilah alasan kita bersukacita, ketika dunia memperlakukan kita sama seperti dunia memperlakukan Yesus. Inilah tujuan hidup kita sebagai pengikut Kristus yang sejati. Tetaplah percaya kepada-Nya dan tetaplah berbahagia. Amin

5. Doding Haleluya No. 304:1

Sada goran na majenges humbai ganup goran in
Goranni Tuhanta Jesus in do sijengesan in
Goran-Mu, o Tuhan sai dodingkononku in
Goran-Mu, Jesuskin na pamalum uhurhin

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.