IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 11 September 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 11 September 2020

1. Doding Haleluya No. 7:1

Porini dong marribu hali, paralolingni sorangkin
Bois ni gogoh inggananni, mamuji Naibatata in
Ibaen malas ni uhurhin, hinorhon ni pambaen-Ni in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Efesus 4:29

Ulang ma luar hata na mabutak humbani pamangan nasiam, tapi na madear ma, na boi pauli-ulihon na hurang, ase dapotan ulih, na mambogeisi.
Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

4. Renungan

“Memang lidah tak bertulang tak terbatas kata-kata”. Memberi arti bahwa adalah hal yang mudah bagi kita untuk berkata-kata. Setiap orang bebas untuk mengatakan apa pun tentang suatu hal dari sudut pandangnya sendiri. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi saat ini, manusia berkata-kata bukan lagi melalui mulut dan lidah tetapi sudah melalui jari yang mengetik disampaikan dan dibagikan bagi banyak orang melalui media social wa, fb dll.

Nas renungan kita hari ini mengingatkan kita, meskipun kita mememiliki kebebasan untuk berkata-kata, ada hal yang perlu kita perhatikan ketika kita mengeluarkan kata-kata kepada orang lain. Kata bijak Simalungun, “Parlobei idilat bibir ase marsahap”. Mau mengingatkan bahwa ada etika dalam berkata-kata, pikirkan dahulu baru kemudian dikatakan. Apakah yang kita katakan itu kata-kata yang baik atau kata-kata yang tidak baik?

Usahakan dan jagalah kata-kata yang keluar dari mulut kita, adalah perkataan yang baik, misalnya: nasihat, motivasi, penyemangat, pujian, terimakasih yang semuanya itu untuk membangun rasa percaya diri orang yang lain dalam hidupnya. Ternyata melalui perkataan-perkataan yang baik ini orang yang mengatakan memberi berkat bagi orang yang mendengar, sehingga pendengar mengalami kasih karunia dari Tuhan. Ia merasa berharga dan dijagai melalui ucapan yang membangun. Jauhkan dan hindarkanlah perkataan kotor yakni; asumsi, hujatan, hoax, yang semuanya ini untuk mengecilkan orang lain dan dapat merusak hubungan di antara sesama kita. Biarlah melalui kita damai dan sukacita dapat dinikmati oleh banyak orang. Amin

5. Doding Haleluya No. 145:1

Ringgas hita rup, manogu ganup
Na pag manendel, na hengkeng hobal
Bai hata ni Tuhan, na sangap tongtong
Rosuh-Ni ma bahen i dunia on

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.