IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 12 September 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 12 September 2020

1. Doding Haleluya No. 308:1

Jesus na manobus ahu sai tangihon au.
Ulang lupa Ham hubangku tatap Ham ma au.
Jesus, Jesus, sai tangihon au.
Ulang lupa Ham hubangku pasu-pasu au.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 103:12

Songon daohni hapoltakan humbani hasundutan, sonai do ipadaoh panlanggaronta humbanta.
Sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

4. Renungan

Suatu sukacita bagi seorang suami ketika membuat suatu kesalahan, istrinya memberikan pengampunan kepadanya. Karena diampuni ia sadar dan menyampaikan terimakasih dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Demikian halnya pengalaman pemazmur dalam pengalaman imannya bersama Tuhan. Pemazmur dalam nas renungan ini memuji nama Tuhan dengan nyanyian syukur karena pengampunan-Nya atas pelanggaran yang telah ia lakukan terhadap Tuhan.

Nas renungan ini menjadi pengakuan iman dari pemazmur: “Sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.” Madah sukacita dari pemazmur bagi Tuhan adalah karena besar kasih setia Tuhan, panjang sabar dan memberikan pengampunan atas dosanya.

Selanjutnya pemazmur juga mengundang seluruh umat Tuhan untuk memuji nama Tuhan dengan nyanyian syukur. Karena Tuhan Yesus Kristus yang kita sembah adalah Tuhan yang telah memberikan kasih-Nya melalui kerelaan-Nya disalibkan Ia telah mengampuni segala dosa-dosa kita umat manusia. Segala pelanggaran telah dijauhkan-Nya. Sungguh Tuhan yang kita sembah panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Ia tidak memperhitungkan pelanggaran dan dosa-dosa kita. Ia telah membuang dosa-dosa kita.

Pengampunan yang TUHAN berikan itu memulihkan kehidupan kita. Oleh sebab itu melalui nas renungan di akhir pekan ini, kita diundang untuk senantiasa memuji kebesaran kasih setia Tuhan yang telah dan akan dilimpahkan dalam kehidupan kita, baik melalui ibadah keluarga, ibadah minggu dan di dalam totalitas hidup kita. Tuhan Jesus Kristus telah menebus kita atas kasih setia-Nya bukan karena kebaikan kita. Mari kita juga memberikan pengampunan kepada orang yang bersalah kepada kita dan relasi persekutuan kita dipulihkan Tuhan. Seluruh umat Tuhan dapat bersama-sama senantiasa berterimakasih, mengucap syukur serta bermazmur bagi TUHAN. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 450:5

Tuhan Yesus, tolonglah, sempurnakan, syukurku
Roh Kudus berkuasalah di dalam hidupku!
Reff:
Dalam susah pun senang, dalam segala hal
Aku bermazmur dan ucap syukur, itu kehendak-Nya.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 09/12/2020 — 1:18 am