Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 3 Oktober 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 3 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 3 Oktober 2020

1. Doding Haleluya No. 238:1

Sai hu lobeiMu Tuhanku,
hu useihon uhurhon,
Sai pasiat Ham tonggoku,
pakon ganup iluhkon.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 22:15

Durus do ahu songon bah, mangkasirang holi-holingku, uhurhu pe songon lilin do, malala ibagas diringku.
Seperti air aku tercurah, dan segala tulangku terlepas dari sendinya; hatiku menjadi seperti lilin, hancur luluh di dalam dadaku.

4. Renungan

Setiap orang Kristen pasti pernah mengalami penderitaan fisik dan batin. Boleh saja mengalami sakit penyakit, diberhentikan dari kerja (phk), dihina oleh orang lain dan sebagainya. Dalam menghadapinya ada yang semakin menjauh dari Tuhan, tetapi ada juga semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Daud melalui mazmur ini sudah lebih dahulu mengalami penderitaan batin dan fisik. Di dalam penderitaan yang berat tersebut pemazmur disindir oleh musuh-musuhnya. Melihat kegeraman lawan-lawannya nanti, pemazmur menjadi takut, sehingga pemazmur kehilangan segala tenaga dan daya hidup sama sekali.

Apa yang diungkapkan pemazmur hampir semua adalah gambaran yang terasa asing bagi telinga kita. Karena ketakutannya pemazmur menjadi basah bukan saja karena keringat dingin yang keluar, tetapi juga karena semua air yang ada di dalam tubuh, keluar tak terkendali. Tulang-tulangnya terasa terlepas dari sendi-sendinya. Hatinya menjadi seperti lilin di depan api mencair di dalam dadanya. Gambaran ini adalah menunjukkan ketawaran hati, daripada misalnya sakit demam panas. Dalam keadaan pemazmur tersebut, ia menyatakan bahwa tangan Tuhan ikut bekerja. Pemazmur melihat bahwa dibalik penderitaannya itu Allah yang sama; daripada-Nya ia dapat mengharapkan keselamatannya.

Saat ini orang Kristen menghadapi musuh yang tidak kelihatan yakni covid-19. Akibat dari musuh tersebut orang Kristen juga mengalami penderitaan batin dan fisik. Sebagian orang beralasan karena covid-19, ia menjauh dari Tuhan. Tetapi biarlah kita tetap berserah penuh dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, naungan kasih-Nya tetap melindungi. Dengan tetap berdoa dan bekerjasama melawan musuh-musuh yang mengancam, kita akan dikuatkan dan dimenangkan oleh TUHAN. Relasi atau hubungan kita dengan Tuhan Yesus Kristus dan sesama tetap terjalin dengan baik. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 438:1

Apapun juga menimpamu, Tuhan menjagamu,
Naungan kasihNya pelindungmu, Tuhan menjagamu.
Ref:
Tuhan menjagamu waktu tenang atau tegang,
Ia menjagamu, Tuhan menjagamu.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.