Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 5 Oktober 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 5 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 5 Oktober 2020

 

  1. Mandoding Hal no 303:1

Na pansing, na pansing Tuhan Parkuasa

Ari on hanami mamuji Naibata.

Na pansing, na pansing janah marjumbalang

Sitolu sada na sangap tumang

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 119 : 52

Idingat uhurhu do Titah-Mu na humbani na basaia, ale Jahowa, jadi sabou ma uhurhu.

Aku ingat kepada hukum-hukum-Mu yang dari dahulu kala, ya TUHAN, maka terhiburlah aku.

 

  1. Renungan

 

Teks ini adalah bagian dari kitab Mazmur yang sangat tinggi nilai sastranya. Pasal 119 kitab Mazmur ini dibagi atas 8 ayat setiap bagiannya dan kata pertama dalam setiap bagian itu diawali dengan huruf yang sama dalam bahasa Ibrani. Ayat harian ini dalam bahasa Ibrani diawali dengan huruf Zayin (huruf ke enam dalam abjad bahasa Ibrani).

 

Pada perikop ayat harian ini pemazmur ingin mengatakan bahwa hidup dalam firman Tuhan dan menjalankan perintah atau taurat Tuhan bukanlah sesuatu yang memberatkan. Justru sebaliknya itu akan memampukan kita melihat karya Tuhan yang luar biasa terlebih ketika kita menghadapi tantangan atau sedang menghadapi musuh. Dengan firman Tuhan itu, orang percaya akan dikuatkan bahkan dihiburkan oleh kuasa Allah melalui firmanNya.

 

Pada ayat ini ada hal yang ingin ditekankan menjadi perenungan bagi kita. Yang pertama adalah bahwa hidup orang percaya seharusnya tidak terpisah dari Firman Tuhan. Orang beriman harus bergaul dengan Firman itu di sepanjang hidupnya. Dia tidak hanya membaca atau merenungkan firman saat dia perlu saja. Kedua, bahwa Firman yang dipegang oleh orang beriman adalah Firman yang sama atau yang sudah sejak dahulu disampaikan kepada para nabi, rasul dan orang beriman lainnya.

 

Firman ini mengingatkan kita yang hidup di masa yang penuh tantangan karena penyebaran virus corona saat ini. Keadaan tidak menentu dan ancaman masih tetap ada, di samping itu pembatasan tetap diberlakukan yang menuntut disiplin pribadi. Kekuatan kita dalam menghadapi semua itu adalah Firman Tuhan. Firman Tuhan yang kita terima tidak hanya menambah pengetahuan tentang Tuhan tetapi akan menguasa hidup kita dan membawa kita kepada kekuatan yang dapat menolong kita menghadapi tantangan sekaligus akan menghibur kita. Karena itu tetaplah hidup dalam Firman dan perintah Tuhan. Amen.

 

 

  1. Mandoding Hal no 205:1

Hata ni Jahowa Sipadamei jolma hagoluhan in

In malas ni uhur na mangapoh uhur na marhoru in

Gogoh ni Naibatangkin paluahkon na porsaya humbai ganup dousa

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.