Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 6 Oktober 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 6 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 6 Oktober 2020

1. Doding Haleluya No. 453:1

Pitah Ham Tuhan, hatundalan na toguh.
Humbai ganup paruntolon na i tanoh on.
Bani haganup pardalanan, pitah Ham panjaga na gogoh.
Ondos ma Tuhan, hanai on nuan, ‘se torsa sadokah goluh on.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Amos 9:14

Pasuangonku ma use hadearon ni bangsangku halak Israel, ase ipauli use huta na dob maseda ai lanjar iiani, ase ipungkah use pohon anggur lanjar i numonni anggurni, anjaha ibahen jumani lanjar daionni gogohni.
Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.

4. Renungan

Selama kita hidup di dunia ini, masalah, beban, pergumulan dan kesulitan hidup adalah hal yang tidak dapat kita hindari dan harus kita hadapi. Ada ungkapan teologis yang mengatakan: “Jangan doakan laut tidak bergelombang tetapi doakanlah agar engkau diberi kekuatan menghadapi gelombang itu.” Masalah dan persoalan adalah sesuatu yang pasti terjadi dalam hidup dan kita tidak dapat melarikan diri darinya.

Hari ini kita kuatir tentang Pandemi Covid-19 yang grafik penularannya semakin meningkat dan belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Kita juga kuatir akan dampak yang ditimbulkannya terhadap kehidupan kita, dampaknya terhadap ekonomi, sosial dan keamanan. Kita mengkuatirkan masa depan anak-anak yang sedang dalam pendidikan, pengangguran dan PHK terhadap pekerja yang semuanya melahirkan rasa pesimis atas kondisi ini.

Nas bacaan hari ini memberikan kepada kita secercah harapan di tengah-tengah kegelapan dan kekuatiran kita. Inti dari pesan Firman Tuhan ini adalah bahwa: “Semuanya akan lebih baik.” Pertanyaannya, berapa kalikah dalam hidup ini kita memberikan semangat kepada orang lain atau orang lain memberi semangat kepada kita bahwa “Semuanya akan lebih baik? Kita sering dilanda kekuatiran dan ketakutan yang tidak perlu dalam menghadapi situasi kehidupan, tapi selaku orang percaya kita harus mampu mengakui bahwa di dalam Tuhan “Semuanya akan lebih baik”, mungkin bukan lebih baik seperti yang kita bayangkan dan inginkan, namun di dalam Tuhan segala sesuatu pasti akan lebih baik.

Prinsip orang percaya adalah bahwa “Today is better than yesterday and tomorrow is better than today”
Harapan dan keyakinan kita bahwa “Semuanya akan lebih baik”, bukanlah angan-angan semata, atau berdasarkan ramalan paranormal, atau astrologi dan sebagainya, tapi kuncinya adalah pada siapa yang akan bertindak dan menjadikan semuanya akan lebih baik. Dia adalah Allah kita yang dalam firman-Nya mengatakan: “Sesungguhnya, waktu akan datang….” Janji-Nya di sini adalah bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang menjanjikan sesuatu yang lebih baik ke depan.

Dia tidak hanya berjanji namun Dia juga selalu bekerja untuk itu melalui umat-Nya seperti dikatakan dalam nas kita, “Aku akan memulihkan….mereka akan membangun…menanam…membuat…dst”
Allah memberikan kepada kita visi tentang masa depan yang lebih baik. Dia juga memberikan semangat, kekuatan bagi kita untuk melakukan apa yang menjadi bagian kita.

Maukah kita menjadikan visi Allah menjadi visi kita dan percaya serta bekerja dengan Dia mewujudnyatakannya?
Semuanya akan lebih baik. Percayalah dan Allah akan memberikan kekuatan bagi kita menghadapi segala persoalan hidup saat ini dan kita akan melihat visi kita bersama Dia menjadi kenyataan. Amin.

5. Doding: S’mua Baik

Dari semula t’lah kau tetapkan hidupku dalam tangan-Mu
dalam rencana-Mu Tuhan rencana indah t’lah Kau siapkan
bagi masa depanku yang penuh harapan
S’mua baik, s’mua baik Apa yang t’lah Kau perbuat
Di dalam hidupku S’mua baik, sungguh teramat baik
Kau jadikan hidupku berarti

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.