IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 10 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 10 Oktober 2020

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 415:1

Gembala baik, bersuling nan merdu,
membimbing aku pada air tenang
dan membaringkan aku berteduh di padang rumput hijau berkenan
O Gembalaku itu Tuhanku, membuat aku tentram hening.
Mengalir dalam sungai kasihku kuasa damai cerlang bening.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 23:5

Ham do mangidangi ahu ilobeini munsuh ku, iminaki Ham do ulungku anjaha sirnip do
panginumanku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

4. Renungan

Jemaat yang dikasihi Tuhan.
Nas renungan ini merupakan bagian dari Mazmur 23, yaitu mazmur yang ditulis oleh Daud dari pengalaman hidupnya bersama dengan Tuhan. Tuhan menyertai, menuntun dan melindungi Daud menggembalakan domba-dombanya. Banyak lawan yang mau menerkam domba-dombanya. Namun Daud menyatakan bahwa Tuhan membuat dia aman. Tuhanlah yang memilih dan mengurapinya menjadi gembala bagi bangsa-Nya. Itu sebabnya Daud mengimani bahwa pemilihan dan pengurapannya menjadi raja atas Israel adalah anugerah dari Tuhan.

Dalam Injil Yohanes 10 Yesus berfirman, “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya. Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, domba-domba yang bukan dari kandang ini (yakni Israel) harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengar suara-Ku dan mereka menjadi satu kawanan dengan satu gembala.” Dengan mengimani kelahiran, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, kita telah menjadi domba-domba-Nya. Yesus Kristus telah menjadi Gembala Agung bagi kita semua. Tetaplah kita mengenal dan mendengarkan suara Gembala Agung.

Ancaman wabah covid-19 serta bahaya lainnya jangan sampai membuat perjalanan hidup kita menjadi sesat. Karena tuntunan, pemeliharaan serta perlindungan Yesus Kristus, Gembala Agung, hidup kita dapat tetap sungguh-sungguh aman. Sebagaimana Yesus Kristus dahulu mengutus murid-murid-Nya untuk menggembalakan domba-domba-Nya, maka saat ini kita juga diutus melakukan hal yang sama. Kiranya Tuhan memberikan hikmat-Nya bagi kita dalam menggembalakan (memimpin) diri sendiri, keluarga dan masyarakat atas dasar kasih Tuhan. Sehingga semua domba-domba (umat Tuhan, warga jemaat) tetap setia mendengar serta melaksanakan suara (sabda) Tuhan kita. Kita semua telah diberkati Tuhan dan harus membagikan berkat itu bagi banyak orang. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 285:1+4

Tuhankulah Gembalaku; oleh-Nya ku tentram
Di padang hijau yang segar, di pinggir air tenang.
Engkau beri hidanganku di muka lawanku;
Engkau urapi diriku dan cawanku penuh!

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.