IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 17 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 17 Oktober 2020

1. Doding Haleluya No. 407:1

Puji ma Jahowa Tuhan Naibata, ai marjumbalang do GoranNi in.
Haganupan jolma sai marsombah ma, sai hagoluhkon HataNi in.
Holsoh haganupan mambur, tubuh ma malas ni uhur.
Gok bai pangarapan holong na totap, rap mangolobkon GoranNi in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mazmur 96:9

Manrogop ma nasiam i lobeini Jahowa marpakeian na mapansing, hitir-hitir ma ilobei-Ni, ale ganup tanoh on.
Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi.

4. Renungan

Suasana hati dan pikiran yang senang pasti dapat melahirkan nyanyian sukacita. Lebih dari itu akan lebih hikmat lagi apabila nyanyian itu berdasar pada pengalaman iman dengan Tuhan. Demikianlah pemazmur memuliakan nama TUHAN sebab Dia adalah maha besar dan terpuji sangat. Pemazmur melalui nas ini juga mengajak seluruh umat manusia untuk menyembah dan memuliakan nama Tuhan. Adapun cara menyembah Tuhan adalah dengan bersujud dengan berhiaskan kekudusan. Penyembahan adalah ungkapan penghormatan atas kebesaran, keagungan dan kekudusan TUHAN. Kita menyembah TUHAN bukan hanya dengan kata-kata tetapi juga melalui sikap tubuh kita. Kita harus merendahkan diri di hadapan Tuhan mengakui ketidaklayakan kita.

Pada waktu kita menyembah TUHAN janganlah melakukannya hanya karena kebiasaan atau kewajiban, sebab kalau kita hanya sekedar menyembah dengan kata-kata yang dihafalkan, atau asal bunyi, maka penyembahan kita tidak akan berkenaan kepada Tuhan dan tidak mendatangkan faedah apa-apa. Apalagi kalau kita sendiri tidak hidup dalam kebenaran dan kekudusan, TUHAN akan memalingkan wajah-Nya saat mendengar penyembahan kita.

Mungkinkah hidup kita dalam kebenaran dan kekudusan, terlebih pada masa pandemi covid-19 (era new normal) sekarang ini? Jika dengan usaha kita sendiri memang tidak mungkin, tetapi syukur kepada Tuhan, Kristuslah harapan kita yang menebus, membenarkan dan menguduskan kita. Dengan demikian Dia-lah yang memampukan penyembahan kita dalam kebenaran dan kekudusan sehingga berkenan kepada TUHAN. Di sanalah juga hidup kita senantiasa dilingkupi sukacita dalam Tuhan untuk menyaksikan kebesaran-Nya kepada sesama teman seiman dan bagi orang lain. Amin.

5. Doding Haleluya No. 200:1

Aha ma dodingkononku ase pujionku Ham.
Ale Tuhan Naibatangku Ham ma mangurupi au.
Seng na tarpajojor ahu holong-Mu tongtong hubangku.
Halanin hupuji do Ham marribu hali lo.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.