IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 19 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 19 Oktober 2020

 

  1. Mandoding Hal no 471:1-2

Na pansing na pansing do Ham Naibatanami

Sigomgom haganup tanoh on Na pansing do Ham

 

Na pansing na pansing do Ham Naibatanami

Ai domma roh hanami Bamu, jalo Ham ganup

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Jeremia 29 : 7

Porluhon hanima ma hadoharon ni huta pambuanganKu bannima, anjaha apiti hanima ma sidea i lobei ni Jahowa, ai ibagas hadoharon ni sidea ai dihut do hanima mardohar.

Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

 

  1. Renungan

Kehadiran orang beriman di suatu tempat diharapkan dapat memberi nilai yang baik di tempat itu. Apapun posisi atau status kita di tempat tersebut hendaknya tidak membuat tempat itu menjadi kacau atau menjadi lebih buruk. Ini adalah pesan yang di sampaikan oleh Yeremia kepada bangsa Israel yang berada di pembuangan Babel.

 

Yeremia mengirim surat penguatan kepada saudaranya yang sedang dalam pembuangan itu. Surat tersebut mengatakan bahwa Tuhan tidak menginginkan bangsa itu menjadi hancur dan lenyap ketika dalam pembuangan tetapi sebaliknya agar bangsa itu tetap eksis dan terus bertumbuh. Bangsa itu harus hidup sebagaimana mereka harus hidup meskipun dalam status sebagai bangsa yang terbuang.

 

Firman hari ini secara khusus mengatakan bahwa bangsa itu harus membuat kota di mana mereka tinggal menjadi kota yang baik. Setiap orang yang tinggal di satu kota harus secara bertanggung jawab melakukan sesuatu yang berguna bagi kota tersebut. Bahkan secara khusus dikatakan agar mereka mendoakan kota tersebut sehingga kota itu menjadi tempat yang baik untuk hidup dan bekerja. Kesejahteraan kota itu menjadi kesejahteraan setiap orang yang tinggal di dalamnya termasuk mereka yang berstatus sebagai tawanan atau yang terbuang ke kota itu.

 

Setiap orang Kristen di manapun berada saat ini juga harus bersikap seperti yang diingatkan oleh Firman Tuhan hari ini. Kita harus yakin bahwa Tuhan menempatkan kita di mana kita berada saat ini sehingga kita juga harus punya semangat untuk melakuan yang terbaik. Saat pandemi Covid 19 kita harus ikut membantu penghentian penyebaran virus itu. Hidup disiplin sesuai protokol kesehatan adalah salah satu usaha kita mensejahterakan kota dimana kita berada. Amen.

 

  1. Mandoding Hal no 254:4

Ham, o Tuhannami sai sondangi Ham

Ganup huannami i Sumatera

Nai hasoman Kristen Indonesia

Ase gabe saksi na bujur, bonar 2X

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.