Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 21 Oktober 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 21 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 21 Oktober 2020

1. Doding Haleluya No. 337:1

Hu sombah Ham Tuhan tangihon au
Sai uhurMu Tuhan pasaud Ham
Sai lambin tambah ma holongku hu Bamu
Sai tambah ma holong Bamu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Daniel 1:17

Jadi ibere Naibata ma bani garama na ompat ai habotohon pakon pangarusion pasal haganup surat ampa hapentaran. Ia si Daniel adong do homa hapandeianni pasal panonggoran ampa nipi.
Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.

4. Renungan

Saudara yang dikasihi Tuhan, bertahan di dalam ketaatan akan Firman Tuhan bukanlah hal yang mudah apalagi di saat kita diperhadapkan dengan tekanan hidup. Tekanan hidup yang terkadang membawa kita dengan mudahnya mengingkari iman kita kepadaNya. Namun bukan demikian yang dilakukan Daniel beserta rekan-rekannya. Di saat mereka menjadi tawanan bangsa asing, kehilangan kemerdekaan, kehilangan keluarga, mereka tidak mau kehilangan iman kepada Allah yang selama ini mereka sembah. Daniel tetap berjuang mempertahankan imannya, ia tidak berupaya menutup-nutupi keyakinannya di hadapan banyak orang termasuk pimpinan pegawai istana.

Ia menolak menyantap makanan yang telah dipersembahkan terlebih dahulu kepada dewa-dewa Babel. Ia tidak mau sedikitpun berkompromi dengan hal-hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Mereka sangat menghormati Allah dalam apa yang mereka tahu (hukum tentang makanan). Keteguhan hati Daniel dan rekan-rekannya berbuah manis. Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian dan juga hikmat kepada mereka. Dia memperlengkapi anak-anakNya sedemikian rupa. Daniel mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi. Allah memperlengkapi Daniel untuk melayani pada suatu budaya dimana mimpi adalah cara utama untuk menerima informasi dari dunia rohani. Dia mengakui bahwa kemampuan mengerti mimpi dan artinya bukanlah kemampuannya melainkan pemberian Allah yang berkenan menyatakan rahasia-rahasia tersebut kepada manusia. Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas daripada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya.

Kesungguhan dan ketaatan Daniel kepada Allah tentunya menjadi kesaksian iman bagi banyak orang. Dia tidak meninggalkan Tuhan di dalam keterpurukannya, justru semakin mendekatkan diri kepadaNya. Iman yang teguh membuat Daniel mengalami kasih Allah yang luarbiasa. Dia menjadi orang yang hebat dan penuh dengan hikmat. Sungguh, Allah tidak membiarkan umatNya berjuang sendiri. Dia mampu menjadikan apapun dan memberikan apapun yang dibutuhkan setiap orang yang berseru kepadaNya. Semua datang dari Allah yang kepadaNya kita bersandar, semua terjadi disebabkan oleh perbuatanNya yang ajaib. Marilah tetap berserah dan bersandar kepadaNya, sebab Ia Allah yang penuh kuasa. Amin

5. Doding Haleluya No. 404:2

HataMu do Tuhan, hupindahi nuan, bahen suluh bai pardalanankin, Pitah Ham hansa in, na mambotoh ijin
Aha na huporluhon Tuhan
Ham arta na harga, poltik hujolom in, humbani na hinan, Ham do tong Naibatangkin, bonani na dear, ronsi sadokahnin
Panondang na lihar, bai ganup na golap in

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa Kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.