Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 26 Oktober 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 26 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 26 Oktober 2020

 

  1. Mandoding Hal no 386:1

Agepe sungkot mata manonggor

Seng anjai sungkot holong ni Tuhanta

Seng ipaturut hita on tarbador

Asal tangihon hataNi in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Jesaya 58 : 11

Jadi Jahowa ma tongtong mangiring-iring ho, anjaha pabosuron ho age i tanoh dorging-dorging, anjaha pargogohonNi holi-holimu, gabe songon pohon na niarbahan ma ho, anjaha songon bah tubuh, na so marnahorah-horah.

Tuhan akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.

 

  1. Renungan

Semua orang mendambakan suasana yang indah dan berbahagia di sepanjang hidupnya. Itulah sebabnya orang berusaha dengan berbagai cara agar apa yang diinginkan itu bisa menjadi kenyataan. Namun fakta mengatakan bahwa ada orang yang karena keinginan menjadi lebih baik akhirnya menggunakan cara yang tidak tepat, yang akhirnya membuat dia tidak menemukan yang diimpikan sebaliknya justru menjadi menderita.

 

Ada keluhan umat Allah seperti bahwa mereka sudah melakukan apa yang diminta oleh Tuhan atau gereja yaitu memberi persembahan, menolong orang miskin dan membayar kewajiban, tetapi mengapa Tuhan tidak juga memberi berkat yang berlimpah? Inilah yang juga terjadi dalam kehidupan orang Israel ketika di pembuangan. Mereka bahkan sudah berpuasa tetapi hidupnya tidak semakin baik. Tuhan mengatakan bahwa bukan sekedar berpuasa yang diinginkan Tuhan tetapi puasa itu harus juga diikuti dengan sikap yang baik dan benar.

 

Firman Tuhan menegaskan kembali bahwa kebenaran dan keadilan adalah bagian yang harus ada dalam diri kita. Ketika kebaikan itu menjadi nyata, bukan hanya retorika, di situlah kita sebenarnya menunjukkan identitas kita. Allah akan berpihak kepada kita dan kita akan merasakan karya Allah seperti yang disebutkan dalam firman ini: hati kita akan dipuaskan, kekuatan kita diperbaharui, dan hidup kita akan terus mengalir dengan baik.

 

Di masa pandemik ini kita juga mau agar Tuhan tetap berpihak pada kita. Tentu itu adalah hal yang wajar karena perlindungan dari Tuhan jauh melebihi dari yang lain. Wajar kita memohon kepada Tuhan, tetapi harus kita perjelas keberadaan kita di hadapanNya sehingga kita pantas untuk memohon. Kita tahu bahwa kasih Tuhan selalu membuka kesempatan pada kita untuk mendekat padaNya.

 

  1. Mandoding Hal no 145:3

Holong ateiMu Tuhan Naibata

Pasaud hataMu tumpaki homa

Haganupan horja ni jabolonMu

Martuah homa ma baen Ham jolma on

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.