Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 31 Oktober 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 31 Oktober 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 31 Oktober 2020

1. Doding Haleluya No. 327:1

Marpangusandeian bani Tuhan in, puji sai pasangap ma goran-Ni in
Monang halani hatani Tuhan in, mangarapkon parpadanan in
Sai mangarap bani padan ni Tuhanta Jesus Kristus
Sai mangarap ma hita bai partobusan-Ni in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 43:5

Mase ma sai unduk ho tonduyhu anjaha rusak ibagas diringku? Arapkon ma Naibata, ai sai na pujionku ope Ia, Sipaluah bangku, anjaha Naibatangku.
Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku.

4. Renungan

“Tuhan tak pernah janji langit selalu biru, tetapi Dia berjanji selalu menyertai…”, sebuah lirik lagu rohani yang mengingatkan bahwa hidup yang kita alami tidak selama berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Suatu ketika mau tidak mau, tepat atau tidak waktunya kita akan menghadapi pergumulan, penderitaan, kesusahan yang membuat kita terpukul dan merana namun jangan sampai berputus asa.

Demikian yang dialami oleh Daud, abdi Tuhan. Ia juga pernah mengalami pergumulan yang berat menjadikan dirinya tertekan, gelisah, mungkin sampai ke tahap stres dan depresi. Jika keadaan semakin parah itu dapat menjadikan dirinya semakin terpuruk. Namun Daud tidak mau terus larut dalam kegelisahan dan kemelaratan hatinya. Tetapi ia cepat untuk bangkit dan mencari solusi yang tepat bukan kepada manusia atau kepada yang ada di dunia ini. Tetapi Ia menyerahkan diri dan berharap hanya kepada Tuhan, dengan keyakinan Tuhanlah yang menyelamatkan dan memulihkan keadaannya.

Di tengah situasi pandemi dan krisis yang kita alami kita merasa tertekan, karena berbagai kesulitan yang kita alami. Sebagian dari kita kehilangan pekerjaan karena PHK, terinfeksi covid atau penyakit yang lainnya yang menjadikan kita tertekan. Mari kita belajar dari Daud, yang tidak mau terus menerus dalam keterpurukan tetapi ia mau datang kepada Tuhan, jujur, terbuka serta menyerahkan seluruh beban hidupnya kepada Tuhan. Karena kita percaya Tuhan sanggup menjaga, menyelamatkan dan memulihkan hidup kita. Letakkan seluruh harapan kita pada Tuhan, sebab Ia setia bagi setiap orang yang berserah kepada-Nya dan kita akan memperoleh kelegaan (Mat.11:28). Amin

5. Doding Haleluya No. 458:1

Bai ganupan sidalananmu in, Jesus ma baen hasomanmu
Iparorot do ham tongtong ijin, ronsi ondos bai tujuan mu
Ge daoh mahol sidalanamin, ulang ham mandolei ijin
Seng boi sotto ham bahenonni in,
Asal Jesus baen hasomanmin.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.