Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 3 November 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 3 November 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 3 November 2020

1. Doding Haleluya No. 237:1

Roh ham bai Jesus, roh ham botul, tangar hata-Ni jalo bujur.
Na roh do Jesus pagoluh ham, asal porsaya ham.
Malas do uhurta in use, ai borsih hun bani dousa pe;
Sai roh ma hita hu surga in, ai sonang do ijin.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 31:6

Mulak ma nasiam hu Bani, ale anak ni Israel, na dob tinundalannasiam ai parah-parah.
Bertobatlah, hai orang Israel, kepada Dia yang sudah kamu tinggalkan jauh-jauh.

4. Renungan

Satu-satunya jalan keluar dari keberdosaan adalah pertobatan. Pertobatan harus dilakukan sesuai dengan perintah Allah dan bukan berdasarkan akal dan pikiran manusia. Penyesalan semata-mata dari hati saja bukanlah pertobatan yang benar. Menangis dan berduka atas segala kejahatan dan pelanggaran yang telah dilakukan tanpa kembali kepada Allah bukanlah pertobatan sejati dari umat yang telah dipilih dan dikasihi Allah dan ditebus melalui darah Anak-Nya Yesus Kristus.

Pertobatan yang sejati dan sungguh-sungguh akan menghasilkan relasi yang telah diperbaharui dan direstorasi dengan Allah. Dalam nas bagi kita hari ini, Allah memerintahkan kepada bangsa Israel, bangsa yang telah dipilih-Nya untuk kembali kepada-Nya. Alasannya adalah bahwa mereka telah benar-benar memberontak dan meninggalkan Tuhan sangat jauh dan parah sekali. Allah memerintahkan kepada umat-Nya untuk berhenti melakukan segala pemberontakan, pelanggaran dan dosa, serta kembali dari kejahatan dan hidup dalam kekudusan.

Kejatuhan dan penyimpangan dari jalan Allah karena besarnya cobaan dunia yang dihadapi dan yang sering dijadikan alasan bagi banyak orang bukanlah suatu dosa kecil. Ada banyak orang yang berpikir bahwa adalah suatu hal yang wajar bagi orang percaya jatuh dan tergelincir ke dalam dosa selaku manusia yang penuh kelemahan dan keterbatasan dan dengan demikian hal tersebut adalah lumrah dan Allah tidak akan mempermasalahkannya. Hal seperti itu adalah sungguh jauh dari kebenaran. Bagi Allah adalah suatu persoalan besar ketika umat-Nya menjauh dari-Nya.

Israel umat-Nya telah meninggalkan-Nya sangat jauh sekali. Bagaimana mungkin Allah tidak mempermasalahkannya? Allah ingin agar umat-Nya kembali kepada-Nya. Tetapi bagaimanakah orang percaya kembali kepada Allah? Tidak ada jalan lain selain pertobatan yang sungguh-sungguh yaitu dengan meninggalkan kehidupan lama dan kembali kepada Allah. Hal ini memang tidaklah mudah karena harus mengorbankan yang selama ini dianggap berharga dalam kehidupan. Tetapi semua yang dianggap berharga namun tidak sesuai dengan kehendak Allah haruslah dijauhkan dari kehidupan kita. Jangan sampai hidup kita berakar dan tertancap secara dalam di atas segala kejahatan dan dosa. Memang, harga yang harus dibayar untuk suatu pertobatan adalah besar, namun janganlah harga menjadi pertimbangan dan alasan bagi kita untuk mengambil keputusan bertobat dan kembali kepada Allah pemilik dan keselamatan kita. Amin.

5. Doding: Haleluya No 300:3

Paubah hita uhurta, ale, na sombah ma Tuhanta
Harga hita itobus ale, sai ulang namin soya
Abakkon, abakkon na mapansing, ale, galangan bai Tuhanta

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.