Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 2 November 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 2 November 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 2 November 2020

1. Doding Haleluya No. 234:1

Tandai Ham ma au pareksa Ham pakon uhurhu
Uji Ham au, papangkei Ham pakon dalanku
Itandai Ham do au on o Tuhan

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Rom 12:2

Anjaha ulang ma sarupa nasiam pakon dunia on, tapi mubah ma marhitei habayuon ni uhur, ase boi nasiam manimbangi atap aha do rosuh ni uhur ni Naibata, ai ma na madear, harosuh ampa na gokan dear.
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

4. Renungan

Hidup di dunia ini bagi sebagian orang seperti hidup di perempatan jalan yang membuat orang bingung mengarah ke mana. Bagi sebagian orang hidup ini digambarkan sebagai suatu perjuangan dalam mengupayakan yang lebih baik. Bagi sebagian orang lagi, hidup ini dilihat sebagai proses adaptasi yang sangat fleksibel agar bisa masuk ke semua lini. Itulah beberapa pandangan di samping masih banyak lagi gambaran kehidupan yang bisa kita angkat.

Surat Roma yang dituliskan oleh rasul Paulus ingin menegaskan dan mengingatkan agar kita dapat tetap berpegang kepada apa yang kita imani di tengah dunia yang kompleks ini. Dalam pasal 12 ingin dikatakan bahwa hidup kita tidak dapat kita pisah-pisahkan atau dibagi-bagi. Hidup ini harus utuh sebagai hidup orang beriman. Integritas kita sebagai orang percaya harus ditunjukkan di manapun kita berada. Karena itu diminta agar kita tidak menjadi serupa dengan dunia ini melainkan kita harus selalu menunjukkan identitas kita.

Bagaimana agar kita dapat berintegritas? Firman Tuhan mengatakan bahwa kita harus diperbaharui. Pembaharuan budi atau hati menjadi kuncinya. Ketika hati kita diperbaharui oleh Tuhan maka kita dapat memahami kehendak Tuhan dalam hidup kita. Ini akan membuat kita memiliki identitas yang jelas, sehingga kita bisa menunjukkan kepada dunia ini bahwa kita berbeda dari cara atau karakter dunia ini. Dengan demikian kita dapat menyaksikan karya Allah di tengah dunia ini.

Di awal November ini kita juga masih tetap bergumul dengan pandemi Covid-19. Firman Tuhan mengajak kita untuk menunjukkan bagaimana orang beriman menghadapi suasana ini. Kita tidak mencari kambing hitam atau mengatakan semua ini rekayasa, tetapi kita dapat memakai waktu ini untuk berefleksi tentang iman kita kepada Tuhan. Kita tidak sama dengan dunia ini termasuk ketika menghadapi masa sulit dalam hidup kita. Amin

5. Doding Haleluya No. 130:1

Ai domma jumpah au ondolan ni tonduyhin na magou in
Daroh ni Jesus do manahan sadokah ni dokah niin
Maseda pe dunia on tongtong togap ondolan on

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.