IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 9 November 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Senin, 9 November 2020

1. Doding Haleluya No. 266:1

Sai hutuju hagoluhan na pasonang au
Hugogohi lao hu surga ronsi ondos au
Abat husimbili do hata on hudingat do
Sai nunuti mangindahi hasonangan in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Tessalonika 5:11

Halani ai marsipodahan ma nasiam anjaha marsipauli-ulian, songon na binahen nasiam.
Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.

4. Renungan

Paulus menegaskan kepada jemaat di Tesalonika bahwa mereka adalah anak-anak Allah yang hidup dalam terang. Penegasan ini disampaikan oleh rasul Paulus agar mereka tidak terganggu atau terpengaruh dengan cara hidup orang lain yang menghalalkan banyak cara. Menjadi anak terang itu berarti hidup ini semua nyata dan tidak ada yang disembuyikan. Tidak mempermainkan segala hal untuk dirinya sendiri.

Menjadi anak terang juga berarti bahwa dirinya akan sangat berguna atau diperlukan oleh orang di sekitarnya. Anak terang tentu akan memancarkan terang dari dalam dirinya dan terang yang dia pancarkan akan membantu orang lain untuk tidak hidup dalam kegelapan. Tetapi seumpama lilin dia punya keterbatasan juga untuk menerangi bagian bawah lilin itu. Lalu kehadiran lilin lain akan membantu agar terang itu menjadi nyata di seluruh bagian sang lilin itu.

Dalam firman hari ini kita melihat bahwa Paulus sangat menekankan agar sesama orang percaya itu saling menasihati. Ini sangat berguna karena yang seorang bisa saja mampu memberi nasihat atau pendapat yang berbeda dari orang, sehingga ketika mereka saling menasihati maka kebaikan dan kesempurnaan akan ditemukan.

Di samping itu hal saling membangun adalah sesuatu yang sangat perlu dalam kehidupan orang beriman. Kekuatan persekutuan jemaat sangat dibutuhkan untuk dapat menjalankan panggilan dan suruhannya, serta kekuatan persekutuan itu akan memampukan orang beriman untuk menghadapi musuh. Hanya dengan saling membangun maka yang seorang akan dikuatkan dan dengan saling membangun maka seseorang akan diperlengkapi untuk kehidupannya sebagai orang beriman. Itulah yang harus kita tunjukkan termasuk di masa pandemi saat ini dan di dalam menjalankan semua pekerjaan dan pelayanan kita.

5. Doding Haleluya No. 348:1

Sauhur sapanriah ma ganup kuria in
Marhasadaon na dear ibagas Tuhan in
Riap ma hita haganup mamuji Tuhan rup
Mardamei marsiurupan marsihaholongan

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

3 Comments to IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 9 November 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2021: GKPS | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress