IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 12 November 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 12 November 2020

1. Doding Haleluya No: 352: 1-2 “Ai Halongangan do Hape”

Ai halonganan do hape, holong ni Tuhan in
Itobus Kristus au hape pardousa na doyuk.
Tapi hubotoh janah porsaya, bani gogoh-Ni pakon kuasa-Ni,
ai iparorot do tong goluhku, das bai parujungan in.
Marhitei idop uhur in, porsaya au tongon,
janah gogoh ni Hata-Nin pasonang uhurhon
Tapi hubotoh janah porsaya, bani gogoh-Ni pakon kuasa-Ni,
ai iparorot do tong goluhku, das bai parujungan in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 1:10

Tonggor ma, Hupabangkit do ho sadari on mardiateihon bangsa-bangsa ampa harajaon-harajaon, laho mangumpat ampa manreongkon, laho parsedahon ampa mangagouhon, laho padearhon ampa manuan.
Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam.

4. Renungan

Jemaat Tuhan…
Pemilihan dan penetapan Yeremia menjadi nabiNya menggambarkan otoritas Allah sepenuhnya. Sejak dalam kandungan, Allah telah menetapkan Yeremia menjadi nabi bagi bangsa-bangsa (ay 5), dan kekuatan otoritas itu tidak terbantahkan oleh Yeremia, walaupun dia menyatakan keberadaannya (sebagai orang yang tidak pandai berbicara, karena masih muda, ay 6), tetapi Allah menyatakan bahwa Yeremia harus menjalankan tugasnya sebagai utusan Allah, karena Allah akan menyertainya, sehingga Yeremia dapat berbicara dengan penuh kuasa, dan sebagai orang yang memiliki wibawa dari Allah. Lantas apa yang menjadi tujuan Allah mengutus Yerimia?

Nas kita menuliskan tujuan itu, bahwa Allah mengangkat Yeremia atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam. Pertanyaannya apa yang sedang terjadi? Ternyata saat itu bangsa Yahudi menyatu dengan bangsa kafir dan berhala-berhala mereka (Bilangan 23:9). Yeremia harus menyampaikan berita besar, yang mungkin tidak diharapkan oleh bangsa-bangsa yang besar itu. Berita yang mengandung unsur-unsur hukuman dan pemulihan, karena bangsa Israel yang rusak harus dirobohkan sebelum Allah dapat menanam dan membangun kembali. Yeremia harus berusaha memperbarui hidup bangsa-bangsa itu, untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan berhala dan kejahatan lain di antara mereka, untuk mencabut dan menghilangkan tabiat-tabiat keji yang telah lama berakar, untuk merobohkan kerajaan dosa supaya agama dan kebajikan dapat ditanam dan dibangun di tengah-tengah bangsa-bangsa itu.
Menyampaikan dan menegakkan hal-hal yang baik, yang jahat harus disingkirkan. Yeremia harus meyakinkan mereka yang terus berbuat jahat, bahwa mereka harus dicabut dan dibinasakan, dan mereka yang bertobat harus dibangun dan ditanam.

Jemaat Tuhan…
Nas kita saat ini masih dan akan tetap relevan dalam kondisi saat ini dan masa yang akan datang. Dibutuhkan orang-orang yang mampu dan dengan berani menyatakan kebenaran di tengah bangsa-bangsa. Kalaupun pesan yang akan disampaikan tidak seperti yang diharapkan oleh penerima pesan, tetapi kebenaran firman Tuhan harus tetap dinyatakan.

Mungkin pergumulan yang sama dialami duta-duta Tuhan pada saat ini, bahwa dia tidak pandai bicara, masih muda dan sebagainya, tetapi melalui nas kita ini ditekankan bahwa saat Allah memilih, tentu Dia sudah memiliki rancangan yang baik bagi kita, sehingga setiap apapun yanng akan kita sampaikan mempunyai kuasa dan wibawa dari Allah. Bila saat ini kita bertemu dengan orang-orang yang hidup di luar jalan Allah, maka kita harus berani dan mampu mengatakan bahwa akan ada hukuman dan pemulihan dari Allah, karena Allah mempunyai rancangan yang baik bagi semua bangsa. Maka jadilah duta Allah yang berani untuk kebenaran firman Tuhan. Amin.

5. Bernyanyi Kidung Jemaat No. 340:1-2 “Hai Bangkit Bagi Yesus”

Hai bangkit bagi Yesus, pahlawan salibNya!
Anjungkan panji Raja dan jangan menyerah.
Dengan semakin jaya Tuhanmu ikutlah,
Sehingga tiap lawan berlutut menyembah.
Hai bangkit bagi Yesus, dengar panggilanNya!
Hadapilah tantangan, hariNya inilah!
Dan biar tak terbilang pasukan kuasa g’lap,
semakin berbahaya, semakin kau tegap.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 11/12/2020 — 3:56 am