IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 13 November 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 13 November 2020

1. Doding Haleluya No. 340:1

Huondoskon bani Jesus haganupan diringkon
Ia do pasangaponku sadokah bai goluhkon
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah, huondoskon ma

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 45:13

Ahu do pabangkitkonsi marhitei hapintoron anjaha Ahu pahornop dalan bani; ia do na paulihon hutang-Ku anjaha paluahonni do bangsang-Ku na tarbuang in; seng halani upah atap halani sisip; nini Jahowa Zebaot.
Akulah yang menggerakkan Koresh untuk maksud penyelamatan, dan Aku akan meratakan segala jalannya; dialah yang akan membangun kota-Ku dan yang akan melepaskan orang-orang-Ku yang ada dalam pembuangan, tanpa bayaran dan tanpa suap, firman TUHAN semesta alam.

4. Renungan

Kata-kata penguatan dan penghiburan sangat sibutuhkan oleh seseorang ketika sedang mengalami pergumulan berat. Sapaan itu menjadi sokongan, dukungan dan kekuatan untuk dapat bertahan. Dalam keadaan kalut terkadang kita bisa lupa kata-kata yang dapat menguatkan kita. Maka kita akan sangat bersyukur ketika ada orang yang mengingatkan kita lewat kata penghiburan dan penguatan itu. Dengan harapan pastinya kita kuat melewati situasi yang berat itu.

Demikianlah yang dialami oleh bangsa Israel ketika dalam pembuangan Babel, Allah datang menyampaikan firman-Nya yang memberi angin segar bagi bangsa itu, bahwa Allah akan melepaskan mereka dari pembuangan tersebut. Allah yang akan bertindak, mengangkat seorang raja dari Persia yakni Koresh yang akan menaklukkan Mesir dan akan memberikan kebebasan kepada bangsa Israel.

Allah berdaulat atas bangsa-Nya. Ia dapat memakai siapa saja untuk membebaskan umat-Nya. Ia dapat memakai siapa saja menjadi alat-Nya untuk memberikan kesejahteraan kepada umat-Nya. Begitulah baiknya Tuhan itu. Jika Tuhan bertindak memulihkan bangsa Israel, maka kita percaya bahwa Ia masih Tuhan yang sama yang masih terus bekerja hingga saat ini dalam kehidupan kita (Roma 8:28).

Terlebih dalam melewati situasi sulit pada masa pandemi ini, kita yakin bahwa Allah tetap bekerja menguatkan kita hingga kita dapat bertahan, dan dalam pengharapan bahwa pada saatnya nanti Tuhan akan membebaskan dan memulihkan hidup kita. Sebab Tuhanlah yang menjamin hidup kita kini dan nanti. Amin.

5. Doding Haleluya No. 118:1

Tuhan Jesus Siparmahan ganup biri-biri do.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham
Sai irikkononku Ham, sai irikkononku Ham.
Jesus gok Bamu uhurhu, sai irikkononku Ham.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 11/13/2020 — 2:50 am