IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 14 November 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 14 November 2020

1. Doding Haleluya No. 450:1

Sihol do uhurnami Tuhan, pajumpah bohi pakonni Ham,
Sai roh ma Ham sonari Tuhan! Podahi Ham hanami.
Sai roh ma Ham sonari Tuhan! Podahi Ham hanami.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 29:17

Sonon do hatani Jahowa Zebaot: Tonggor ma, hutongos do dompak sidea podang, lohei pakon sampar, anjaha bahenonku do sidea songon buah ara na masik, na so tarpangan be halani masikni.
Beginilah Firman Tuhan semesta Alam: Sesungguhnya, aku akan mengirim pedang, kelaparan dan penyakit sampar ke antara mereka dan Aku akan membuat mereka seperti buah ara yang busuk dan demikian jeleknya, sehingga tidak dapat dimakan.

4. Renungan

Nabi Yeremia dari Yerusalem mengirimkan suratnya kepada tua-tua, imam-imam dan seluruh bangsa Israel yang telah diangkut Nebukadnezar, dari Yerusalem ke Babel. Surat itu dikirim melalui perantaaran Elasa bin Safan dan Genaria bin Hilkia yang diutus oleh Zedekia, raja Yehuda ke Babel. Isinya adalah agar mereka mendirikan rumah, berkebun di pembuangan; mengambil istri untuk memperanakkan laki-laki/perempuan. Mereka harus mengusahakan kesejahteraan di mana mereka tinggal. Mereka tidak boleh terpedaya kepada nabi-nabi yang bernubuat palsu, tetapi percaya kepada firman Tuhan. Rancangan Tuhan kepada umat-Nya adalah suatu rancangan keselamatan, bukan kecelakaan. Sebab itu Tuhan akan mengembalikan mereka ke tempat dari mana Allah telah membuang mereka.

Nas renungan ini berisikan peringatan mengenai hukuman yang akan diberikan Tuhan jika bangsa Israel tidak mentaati firman Tuhan. Mereka perlu menerima berita nabi yang menyampaikan berita kebenaran Tuhan. Sebab bagi orang yang menolak akan ada pedang, kelaparan, dan penyakit sampar serta membuat mereka seperti buah ara yang busuk sehingga tidak dapat dimakan. Artinya kehidupan mereka akan rusak dan tidak berguna lagi.

Firman Tuhan ini juga kita terima yang berisi peringatan serta hukuman. Kita diingatkan oleh Tuhan agar kembali kejalan yang benar, apabila kita pernah menolak firman Tuhan dalam hidup kita masing-masing. Sebab bagi setiap orang yang menolak melakukan perintah Tuhan, dan tidak mau bertobat akan menerima hukuman. Tetapi orang-orang yang taat secara mutlak pada firman Tuhan akan diberkati, dan terhindar dari hukuman dalam kehidupan di mana pun kita saat ini dan kehidupan kekal. Dengan demikian walau di tengah-tengah situasi pandemi covid-19 ini, atas berkat-Nya kita diutus agar melalui sikap hidup kita dapat menjadi berkat bagi keluarga, sesama dan orang lain. Amin.

5. Doding Haleluya No. 372:1

Sai pasiat Tuhan Jesus, roh hubagas uhurmin.
Tarpaima-ima Jesus, bogei panuktuk-Ni in.
Sai pasiat Tuhan Jesus, das hubagas uhurmin.
Nuan ari paridopan, ulang sompat salpu in.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 11/13/2020 — 7:57 am