IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 16 November 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 16 November 2020

 

  1. Mandoding Hal no 114:1

Gopas parugas nima ganupan bala in

Tuhanta Jesus Kristus hu parmunsuhan in

Ai seng tarbaen lang monang manlawan ma lah ho

Ai munsuh ni Tuhanta maningon talu do

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Psalmen 119 : 74

Halak na mangkabiari Ham mangidah ahu gabe malas ma uhurni, ai hataMu do ha huarapkon.

Orang-orang yang takut kepadaMu melihat aku dan bersukacita, sebab aku berharap kepada firmanMu.

 

  1. Renungan

Mazmur 119 yang ditulis dengan nilai sastra yang sangat baik menekankan akan kesetiaan kepada hukum Tuhan dan menggambarkan bagaimana kehidupan orang yang selalu ingat akan perintah Tuhan. Bagi orang Israel hal ini memang sudah merupakan suatu kewajiban untuk mengerti dan menjalankan hukum Tuhan, karena hukum Tuhan bukan hanya berbicara tentang aturan yang harus dilaksanakan tetapi juga berbicara tentang ketaatan manusia kepada Allah dengan menjalankan perintahNya.

 

Sebagai sesama orang percaya, nilai hidup keberimanan kita seharusnya dapat dilihat atau dirasakan oleh saudara-saudara kita. Kehidupan keberimanan kita ternyata bukan hanya persoalan hubungan kepada Allah tetapi juga kepada orang yang ada di sekitar kita. Jika saudara kita yang beriman melihat dan merasakan apa yang kita lakukan pasti mereka akan bersukacita karena mereka tahu bahwa Allah ada dan bekerja di dalam kehidupan kita. Hal seperti inilah yang sangat kita rindukan sebagai orang beriman.

 

Sering dialami oleh banyak orang beriman pengalaman yang tidak menyenangkan di saat mereka melakukan pekerjaan yang baik. Oleh orang lain yang tidak beriman, apa yang kita lakukan dianggap sebagai gangguan atau ancaman kepada mereka. Hal ini bisa terjadi dari orang yang tidak percaya kepada Yesus, tetapi juga oleh yang mengaku Kristen tetapi tidak senang bahkan melakukan hal yang tidak baik kepada orang yang melakukan kebaikan atau kebenaran. Sehingga tidak heran ketika terjadi orang Kristen justru memusuhi atau menjelekkan atau menjatuhkan sesama orang Kristen. Menurut firman ini, kita dapat mengatakan bahwa hal ini indikasi bahwa sebenarnya bukan sesama orang beriman yang hidup bersama tersebut. Karena itu melalui firman hari ini kita diminta untuk tetap melakukan firman Tuhan karena itu adalah identitas kita.

 

  1. Mandoding Hal no 18:1

HataMu ale Tuhanku arta siharganan ai

Sai palongkot bai uhurhu ulang lang hujolom ai

Anggo seng be sijoloman arta na madear in

Aha ma na baen onjolan ni haporsayaonkin

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Updated: 11/21/2020 — 6:08 am