Kata Sambutan Pimpinan Pusat GKPS 2010-2015

Kata Sambutan Pimpinan Pusat GKPS


Peserta Sidang Sinode Bolon GKPS yang kami hormati, Jadwal kegiatan GKPS tahun 2020 telah menetapkan bahwa pada bulan Juli 2020 diadakan Sinode Bolon GKPS ke-44, namun karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia ini maka kegiatan tersebut diundur menjadi tanggal 18-22 November 2020. Hal ini tentu mempengaruhi banyak hal di tengah-tengah pelayanan GKPS termasuk pelaksanaan periodisasi. Bukan hanya pelaksanaan periodisasi Pimpinan Pusat yang terganggu tetapi termasuk juga di sebagian besar Resort serta kepengurusan Seksi-seksi. Inilah fakta yang sedang kita hadapi saat ini.

GKPS telah melakukan tindakan yang menyesuaikan diri terhadap keadaan yang terjadi akibat penyebaran virus Corona ini. Dimulai sejak bulan Maret 2020 yang lalu GKPS telah memutuskan untuk tidak melakukan peribadatan secara tatap muka sesuai anjuran dari Pemerintah. Beberapa jemaat memulai peribadatan dengan menggunakan tehnologi yang ada dengan menyiarkan ibadah secara langsung maupun dalam bentuk rekaman kepada warga jemaat. Beberapa jemaat yang lain menyiapkan tata ibadah yang diperbanyak dan dibagikan kepada warga jemaat, sehingga jemaat kita dapat beribadah di rumahnya masing-masing. Keadaan seperti ini berlangsung sampai bulan Juni 2020 dan di awal bulan Juli 2020 kita memutuskan untuk memulai ibadah secara tata muka di beberapa jemaat dengan mengikuti protokol kesehatan seperti membatasi jumlah warga yang mengikuti ibadah tidak lebih dari setengah jumlah kursi yang ada di gereja. Sehingga banyak jemaat yang akhirnya melakukan ibadah 2 atau 3 kali dalam satu hari minggu karena pembagian giliran yang mengikuti ibadah di gereja. Ini bukan berarti bahwa masalah Covid-19 sudah teratasi, namun ini adalah cara agar kita dapat melangsungkan ibadah di tengah wabah yang masih melanda dunia ini. Situasi ini terus kita hadapi sampai akhirnya kita melakukan jajak pendapat untuk melaksanakan Sidang Sinode Bolon saat ini.

Kita mempertimbangan beberapa hal untuk melaksanakan Sidang Sinode Bolon ini seperti faktor kesehatan, peserta yang berasal dari banyak tempat, jumlah peserta yang dapat mengikuti Sidang secara tatap muka sesuai anjuran Gugus Tugas Penanganan Covid-19, lamanya persidangan yang memungkinkan serta ketersediaan dana untuk penyelenggaraan Sidang tersebut. Keputusan yang kita ambil adalah tetap melangsungkan Sidang ini pada tanggal 18-22 November 2020 dengan menggunakan cara virtual. Dan ini adalah cara yang belum pernah kita lakukan bahkan gereja-gereja lain juga belum pernah melakukannya.

Dengan pembatasan waktu dan jumlah peserta yang dapat mengikuti secara tatap muka serta penggunaan tehnologi yang belum betul-betul dikuasai oleh semua peserta kita laksanakan Sidang Sinode Bolon ini. Karena itu kita berharap agar tidak ada kendala yang berat dalam pelaksanaan Sidang ini. Panitia telah berupaya untuk mempersiapkan segala sesuatu agar sidang berjalan dengan baik termasuk dalam pelaksanaan pemilihan. Kami berharap agar masing-masing kita juga dapat memahami keadaan ini sehingga kita bisa secara bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Sidang Sinode Bolon ini.

Dalam keadaan yang menjadi kebiasaan  baru ini kita mendoakan agar Sidang Sinode Bolon ke-44 ini menghasilkan keputusan-keputusan yang baik bagi perjalanan pelayanan GKPS ke depan, karena kita akan menetapkan Rencana Startegis (Renstra) GKPS 2021-2025, Program Kerja dan Anggaran GKPS 2021-2022, Pemilihan Pimpinan Sinode GKPS 2020-2025, serta Pemilihan Anggota Majelis Sinode GKPS 2020-2025. Di samping itu kita akan menetapkan Tata Gereja dan Tata Laksana GKPS yang menjadi acuan bagi GKPS dalam menjalankan pelayanannya.

Mari kita tetap bersama-sama menjalankan tugas panggilan kita sebagai pelayan yang baik di tengah-tengah gerejaNya sehingga kehadiran kita yang menjadi utusan dari Resort, Seksi Kategorial, serta Majelis Pendeta dan Penginjil dapat memberikan nilai positif bagi gereja kita dan bagi kemuliaan nama Tuhan.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua jemaat GKPS yang telah mendukung dan mendoakan agar Sidang ini berlangsung dengan baik, juga kepada Panitia Sidang Sinode Bolon yang telah secara maraton mempersiapkan hal-hal tehnis dan kebutuhan pelaksanaan Sidang Sinode Bolon ini, kepada Pemerintah melalui Gugus Tugas yang selalu memberi masukan dan memantau kesiapan serta pelaksanaan Sidang Sinode Bolon serta kepada semua peserta Sidang Sinode Bolon yang mengikuti secara virtual dan tatap muka. Kiranya Tuhan menyertai kita dan memberi kesehatan kepada kita untuk dapat menjalankan panggilan dan suruhanNya. Tuhan memberkati.

Pimpinan Pusat GKPS 2020-2015

Pdt. M. Rumanja Purba                      Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe

E p h o r u s                                          Sekretaris Jenderal

Updated: 11/21/2020 — 10:10 am