Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 1 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 1 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 1 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 7:1

Porini dong maribu hali, paraloling ni sorangkin
Bois ni gogoh inggananni, mamuji Naibatanta in,
Ibaen malasni uhurhin, hinorhon ni pambaen-Ni in

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Joel 3:18

Bani ari ai menekteki ma anggur hun sagala dolog, mabaor dadih hun buntu-buntu, anjaha mardalan bah humbani sagala bah ni Juda. Kaluar ma sada bah tubuh hun rumah ni Jahowa mangarbahi habungan Sittim.
Pada waktu itu akan terjadi, bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; mata air akan terbit dari rumah TUHAN dan akan membasahi lembah Sitim.

4. Renungan

Ketika seseorang tidak benar di hadapan Allah, maka tidak ada sesuatu pun yang benar di dalam diri orang tersebut. Orang tersebut akan berjalan dari satu kemalangan kepada kemalangan yang lain, dari satu kehancuran kepada kehancuran yang lain serta tidak akan pernah mengalami sukacita, damai dan kebahagiaan sejati. Namun ketika jalan seseorang menyenangkan Allah, maka segala sesuatu yang ia kerjakan dan lakukan akan diberkati oleh Allah.

Dalam nas hari ini Allah menjanjikan suatu waktu pembaharuan dan refreshing bagi bangsa-Nya. Dosa-dosa mereka akan membinasakan, namun ketika umat-Nya berjalan dalam kebenaran Tuhan maka tidak ada batasan dari apa yang mampu dilakukan Tuhan bersama mereka dan untuk mereka. Gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, sungai-sungai akan mengalirkan air dan mata air akan terbit membasahi dan menyegarkan kehidupan yang tandus dan kering kerontang.

Dengan demikian nas hari ini adalah suatu panggilan kepada kita untuk kembali ke jalan Tuhan dan memperbaharui kesetiaan dan relasi kita kepada-Nya. Jika hubungan kita dengan Tuhan telah dibaharui dan Tuhan menjadi sahabat kita, apapun yang kita hadapi dalam hidup, semuanya dapat mendatangkan kebaikan dan berkat serta sukacita yang membahagiakan.

Dunia di mana kita hidup, saat ini sedang mengalami persoalan dan masalah global melalui pandemi Covid-19 yang mengakibatkan krisis di segala bidang, baik kesehatan, ekonomi, lapangan pekerjaan serta relasi antar manusia. Dunia kita saat ini bagaikan padang gurun yang gersang yang dipenuhi panas terik yang tidak layak bagi suatu kehidupan. Namun apabila kita tetap bersama Tuhan dan hidup dalam kebenaran-Nya, maka nas ini menjamin bahwa sungai-sungai akan mengalir di tengah-tengah kegersangan kita bahkan anggur sebagai simbol sukacita akan mengalir dari gunung-gunung persoalan kita bahkan susu sebagai simbol kemakmuran akan mengalir dari bukit-bukit pergumulan kita.

Maka marilah kita memohon kepada Bapa Sorgawi agar menolong kita tetap setia dalam hubungan kita dengan Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kiranya Tuhan bersama kita untuk menikmati segala berkat-Nya yang tiada batas. Amin.

5. Doding Haleluya No 251:1

Sonang do uhurhu ibaen Jesuskin, borit pe hu taron ijon,
Tenger do uhurhu bai Tuhanta in, ipasonang tongtong uhurhon,
Sonang do, sonang do, ipasonang tongtong uhurhon.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.