Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 3 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Kamis, 3 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Kamis, 3 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 29:1 “Hanima na Porsaya in”

Hanima na porsaya in, sai alo-alo Jesus in, pahinsah uhurnima
Dohor ma ari pesta ni ganupan kuria-Ni in, bai ari partubuh-Ni
In pe laho ma hanima baen adatni manjalohon, na marayak hajolmaon

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Lukas 17:22

Dob ai, nini ma hubani susian-Ni ai, Na roh ma arini, siholan ma hanima sihol mangidah sada ari ni Anak ni Jolma in, tapi seng idahonnima ai.
Dan Ia berkata kepada muri-murid-Nya: Akan datang waktunya kamu ingin melihat satu dari pada hari-hari Anak Manusia itu dan kamu tidak akan melihatnya.

4. Renungan

Jemaat Tuhan.
Nas kita hari ini diawali dengan pertanyaan orang-orang Farisi kapan Kerajaan Allah datang. Mereka meminta tanda-tanda kedatangan Kerajaan Allah, walaupun secara tidak langsung mereka telah menyaksikan Kerajaan Allah melalui kehadiran Yesus dan para muridNya. Tapi ternyata mereka meminta bukti yang lebih, bahwa orang Farisi mengharapkan Kerajaan Allah dalam konteks politis, yang bersifat fisik, yaitu kerajaan Israel yang akan dipimpin Mesias yang telah mengalahkan kekuatan politik dan militer Romawi.

Orang Farisi tidak dapat melihat Kerajaan Allah itu di dalam diri Yesus, meskipun Yesus ada di tengah-tengah mereka dan meskipun Ia selalu memberitakan Kerajaan Allah. Mereka tidak menyadari bahwa kehadiran Yesus adalah tanda dari Kerajaan Allah. Beranjak dari pertanyaan ini, maka Yesus menjelaskan tentang Kerajaan Allah kepada para murid-muridNya tentang diri-Nya.

Jemaat Tuhan.
Nas ini menjawab pertanyaan di atas, Yesus berkata “Akan datang waktunya kamu ingin melihat satu dari pada hari-hari Anak Manusia itu dan kamu tidak akan melihatnya.” Yang ingin disampaikan oleh Yesus adalah bahwa kedatangan Anak Manusia bukan persoalan kapan waktunya, tetapi itu persoalan bagaimana menyadari bahwa Kerajaan Allah itu sudah ada di tengah-tengah dunia, karena Dia lah Kerajaan Allah itu.

Nas ini juga menekankan segeralah menyadari bahwa Kerajaan Allah itu dimanifestaikan melalui kehadiran Yesus di tengah dunia. Menyadari dan merasakan kehadiranNya sebagai sesuatu yang membawa damai dalam kehidupan manusia. Amin.

5. Doding Haleluya No. 28: 1-2 “Naha ma Panjalongku”

Naha ma panjalongku, Bamu o Tuhankin?
Naha panjumpahkonku, Bamu o Rajangkin?
Sondangi Ham uhurhu, na golap na bodoh
Ai sihol bahenonku do hamegahon-Mu
Ganupan par-Sion-Mu do mangolobkon Ham
Sonin homa uhurhu lao mangayaki Ham
Na megah do uhurhu mamuji goran-Mu
Bujur sura-surangku pasaudkon rosuh-Mu

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.