Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 4 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 4 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 4 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 471:1 “Na Pansing, Na Pansing”

Na Pansing, Na Pansing, do ham Naibatanami.
Sigomgom haganup tanoh on, Na Pansing do Ham!

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Rom 13:13

Tipak ma parlahounta songon na patut arian, ulang marmangan-mangan ampa marminum-minum, ulang marhabutakon ampa uhur na so maila, ulang miringor ampa marsimburu.
Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.

4. Renungan

Paulus memberi nasihat dan perhatian bagaimana orang percaya hidup di tengah-tengah dunia. Orang percaya penting untuk memahami kehadirannya di tengah-tengah dunia ini sebagai orang yang telah dibenarkan, dikuduskan, dan berharap akan dimuliakan kelak. Maka sebagai orang yang telah menerima pembenaran itu selayaknya direspon dengan karakter dan sikap hidup yang baik.

Inilah yang ditekankan melalui nas renungan kita hari ini. Dalam masa penantian kedatangan Tuhan kembali, maka orang percaya harus mempersiapkan diri dalam menyongsongnya dengan perilaku yang baik. Inilah yang diharapkan Tuhan dari anak-anak Tuhan. “Marilah kita hidup sopan, seperti pada siang hari”. Ayat ini hendak menuntun dan mengarahkan orang percaya untuk bertingkah laku yang baik, hormat dan sopan. Sikap dan karakter harus selalu terjaga, memiliki sikap terbuka, transparan sebab semua terbuka di hadapan Tuhan maka jangan pernah berpikir bahwa ada sesuatu yang dapat disembunyikan dan ditutupi. Seluruh perbuatan buruk: pesta pora, kemabukan, percabulan, hawa nafsu, perselisihan dan iri hati, ini semua adalah perbuatan jahat dan kegelapan. Biarlah kita waspada agar sikap yang demikian tidak merasuki diri kita. Sebab itu menjijikkan bagi Tuhan.

Marilah kita tunjukkan sikap yang memiliki integritas, jujur dan dapat dipercaya. Dilihat atau tidak dilihat orang, diperhatikan atau tidak diperhatikan orang, di mana saja dan terhadap siapa saja, kita tetap menunjukkan sikap yang baik. Sebab kita tetap berjalan dalam terang Tuhan dan itulah yang dikehendakiNya dari anak-anak yang telah dibenarkan dan ditebusNya tujuannya untuk hormat dan kemuliaanNya saja. Sehingga orang yang melihat, merasakan dan menyaksikan perbuatan baik kita akan memuji dan memuliakan Tuhan, Allah di surga. Amin.

5. Doding Haleluya No. 108:1-2 “Sanggah Holong Tong Tuhanta”

Sanggah holong tong Tuhanta, na mangidah hita on.
Imbang hita ma dirinta tanda jora hita on.
Sai tundali namadorsa, sai dompakkon Naibata.
Tanda na tongon porsaya ho bai Tuhan Naibata.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.