Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 5 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 5 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 5 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 28:1 “Naha ma Panjalongku”

Naha ma panjalongku, Bamu o Tuhankin?
Naha panjumpahkonku, Bamu o Rajangkin?
Sondangi Ham uhurhu, na golap na bodoh.
Ai sihol bahenonku do hamegahon-Mu.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 85:4

Ipahombun Ham do ringis-Mu, anjaha iampogi Ham do gajag ni gila-Mu.
Engkau telah menyurutkan segala gemas-Mu, telah meredakan murka-Mu yang menyala-nyala.

4. Renungan

Suatu hari di tengah-tengah satu keluarga, seorang anak kedapatan ayahnya melakukan kesalahan dan ia memarahi anaknya tersebut. Tidak lama kemudian si anak memohon maaf kepada bapanya dan mengakui kesalahannya. Sang anak berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya di hari-hari mendatang. Ayah tersebut telah meredakan amarahnya dan memberikan kesempatan bagi si anak untuk berubah serta memperbaiki diri ke depannya. Selanjutnya sang anak merasa lega hatinya dan berterimakasih atas pengampunan tersebut.

Pemazmur dalam nas ini menyampaikan doa permohonan agar bangsa Israel dipulihkan. Pemazmur bersyukur kepada Tuhan, atas kasih karunia-Nya kepada bangsa Israel. Tuhan berkenan mengampuni kesalahan umat Israel dan telah menutupi segala dosa mereka. Pemazmur berbahagia karena Tuhan telah menyurutkan segala gemas-Nya, telah meredakan murka-Nya yang menyala-nyala. Tuhan memulihkan umat-Nya secara jasmani dan rohani.

Di saat pandemi covid-19 ini, kurang lebih 10 (sepuluh) bulan, bisa saja ada perkataan dan perbuatan kita yang melanggar firman Tuhan. Hal itu menyebabkan rasa takut terhadap amarah Tuhan serta kita tidak hidup dalam damai dan tanpa pengharapan. Tetapi melalui pengorbanan Yesus Kristus yang rela mati di kayu salib, Ia memberikan pengampunan atas segala dosa pelanggaran yang telah manusia lakukan. Yesus Kristus telah mendamaikan kita dengan Allah Bapa. Respon kita atas anugerah keselamatan tersebut adalah kita tetap berdoa agar terjadi rekonsiliasi damai di negara Republik Indonesia yang kita cintai, juga di keluarga, jemaat dan masyarakat. Tuhan juga sudah lebih dahulu mengasihi kita, maka selayaknya juga kita mengasihi sesama dalam kasih Kristus. Yang dikehendaki Tuhan dari hidup beriman kita juga adalah hidup dalam damai, bukan hidup tanpa pengharapan. Amin.

5. Nyanyian Kidung Jemaat No. 376:1 “Ikut Dikau saja, Tuhan”

Ikut dikau saja Tuhan, jalan damai bagiku
Aku slamat dan sentosa hanya oleh darah-Mu
Aku ingin ikut Dikau dan mengabdi pada-Mu
Dalam Dikau, Jurus’lamat, ku Bahagia penuh!

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.