Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 7 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 7 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 7 Desember 2020

 

  1. Mandoding Hal no 28:1

Naha ma panjalongku Bamu o Tuhankin

Naha panjumpahkonku Bamu o Rajangkin

Sondangi Ham uhurhu na golap na bodoh

Ai sihol bahenonku do hamegahonMu

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Jesaya 11 : 1

Dob ai mandarat ma sada tunas humbani tutuho ni si Isai, anjaha marbuah sada tumbor na roh humbani uratni.

Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.

 

  1. Renungan

Di minggu-minggu adven ini kita diberi kesempatan untuk merenungkan segala perbuatan Allah yang luar biasa. Hal ini tentu bertujuan agar kita sebagai umatNya lebih berserah diri kepada kuasa Allah. Jalan keselamatan disediakan Allah bagi umatNya dengan caraNya sendiri. Hal ini bukan untuk membuat kita semakin jauh dari Allah melainkan untuk lebih setia berjalan bersama dengan Dia.

 

Suasana bangsa Israel ketika mereka dibuang ke Babel, sangat menyedihkan dan menyeramkan. Karena mereka yang tadinya adalah bangsa yang besar seketika berubah menjadi tawanan. Peristiwa itu digambarkan dalam kitab Yesaya ini dengan jelas yang menunjukkan kemarahan Tuhan atas bangsa Israel dan juga kepada bangsa di sekitarnya. Tuhan menginginkan agar semua bangsa hidup dengan baik, tetapi karena itu tidak terjadi maka Tuhan marah dan menghukum mereka.

 

Kemarahan Tuhan bukanlah akhir dari segala sesuatu. Bangsa Israel tetap menjadi umat pilihanNya. Tuhan memberikan harapan kepada bangsa itu dengan mengatakan bahwa dari tunggul Isai, ayah Daud, akan hadir dan memberikan buah yang baik kepada umat Israel. Ini adalah pengharapan mesianis. Sang Mesias akan datang untuk membebaskan umat Allah dan mereka akan hidup dalam suasana yang diperbaharui. Janji ini sangat jelas karena sang Mesias itu secara langsung disebut sebagai keturunan Isai, keturunan raja Daud.

 

Saatnya kita untuk tetap berharap akan karya Allah yang besar. Mesias yang kita nantikan akan memberi kehidupan yang sempurna. Di masa penantian ini janganlah kita menjadi lemah tetapi tetap berharap dan bersemangat untuk menjalaninya meski di tengah masa pandemi Covid 19 ini. Biarlah Roh Tuhan senantiasa menaungi kita.

 

  1. Mandoding Hal no 42:1

Tutuho na martunas bai si Jese in

Tubuh na etek etek na binagahkon in

In ma Tuhanta in sinuruh ni BapaNi

Roh banta jolma on

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.