Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 12 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 12 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 12 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 308:1

Jesus na manobus ahu sai tangihon au.
Ulang lupa Ham hubangku, tatap Ham ma au
Jesus Jesus sai tangihon au.
Ulang lupa Ham hubangku, pasu-pasu au.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 126:5

Halak na mariluh-iluh laho manabur, marolob-olob laho manabi.
Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.

4. Renungan

Mazmur ini berlatarbelakang keadaan umat Israel baru kembali dari pembuangan dan mengalami banyak kesusahan. Mereka menyanyikan Mazmur ini sebagai peringatan akan pulangnya dari pembuangan. Secara khusus dalam ayat 5 ini, kita lihat bahwa pekerjaan pertanian memiliki pengaruh besar pada kehidupan masyarakat pada zaman Alkitab ditulis. Pemazmur menggambarkan realitas kehidupan pertanian. Ketika mereka menanam benih di tanah pertanian, para petani sering merasa ragu dan khawatir. Pertanyaan yang sering dihadapi mereka adalah akankah semua kerja kerasnya berhasil? Namun ketika tanaman yang ditanam itu tumbuh dan berkembang, dan pada saat mereka panen, para petani itu bernyanyi. Mereka bersukacita dengan hasil yang dipanen dan bersyukur atas hasil dari kerja kerasnya.

Untuk masa sekarang ayat ini dapat diterapkan dari orang yang kerja keras, upaya usaha, mereka akan berhasil dan melihat hasil dari pekerjaan-pekerjaan yang tidak secara khusus mengacu pada dunia pertanian saja.

Di tengah-tengah kehidupan setiap orang percaya, Tuhan pernah hadir dan memberikan suatu berkat. Walaupun pada saat ini, diperhadapkan kepada beragam pergumulan hidup dengan adanya pandemi covid-19. Tapi melalui nas harian ini, kita diyakinkan bahwa Tuhan akan tetap menambahkan berkat-Nya bagi kita yang tetap bertekun dalam doa dan kerja keras. Pdt. Eka Darmaputera pernah menuliskan bahwa “tidak ada perjuangan yang mudah, tetapi tidak ada perjuangan yang sia-sia”. Artinya butuh perjuangan untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan yang baik, tapi semua itu tidak sia-sia karena pada waktu-Nya akan diperoleh hasil yang baik. Selanjutnya Roh Kudus pasti menolong kita untuk tetap rendah hati berterimakasih kepada Tuhan. Sehingga hidup kita yang diberkati menjadi berkat bagi sesama, di manapun kita berada. Amin.

5. Doding Haleluya No. 7:4

Tarimakasih ma uhurhu, Bamu o Naibata tongtong;
Ibahen dearni layak-Mu, binere-Mu hu bangku on;
Ai ipatudu Ham tongtong ganup na porlu bangku on.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.