Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 16 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 16 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 16 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 1:1

Jahowa sihol pujionku, ai Ham do Naibata sitompa au
Sai suruh Tonduy-Mu hubangku, mangajar au mamuji goran-Mu
Marhitei-hitei Jesus anak-Mu, ase dear dodingku hubamu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Hosea 14:5

Songon namur do Ahu bani Israel; marbunga do ia songon silundat, anjaha marurat songon hayu na i Libanon.
Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

4. Renungan

Saudara sekalian dalam kehidupan bergereja umat Kristiani kita sering mendengar istilah pemulihan atau dipulihkan. Pemulihan artinya mengembalikan sesuatu hingga menjadi seperti aslinya atau bisa disebut memperbaiki maupun memperbarui. Secara Kristen apa yang perlu dipulihkan dari hidup ini? Tentu kita tidak bisa egois jika kita menyebut bahwa tugas Gereja hanyalah memulihkan di bidang rohaninya saja sementara hidup secara jasmani maupun kehidupan sosialnya tidak kita sentuh. Pelayanan Gereja adalah pelayanan yang holistik yang tidak hanya berbicara soal sorga dan kehidupan di akhirat, melainkan juga harus menyentuh kehidupan sosial dan sehari-hari manusia. Kenapa perlu pemulihan? Tentu karena ada kesulitan dan kesusahan yang kita alami, sehingga kita perlu dibebaskan dari sesuatu yang membelenggu tersebut.

Dalam kitab Hosea ini, kehidupan bangsa Israel yang selalu jatuh ke dalam dosa kembali diajak untuk hidup di dalam kemurahan hati Allah. Bangsa yang berdosa yang dihukum tersebut dipanggil untuk hidup di dalam kasih kemurahan Allah dan mereka akan segera dipulihkan. Dia akan menjadi embun di tengah-tengah bangsa tersebut yang memberi kesejukan, kesuburan dan kedamaian sehingga mereka boleh hidup dalam sukacita dan disegarkan oleh karena kehadiran Allah yang memulihkan. Semuanya itu hanyalah demi menunjukkan bahwa Allah adalah setia dan mengasihi manusia. Dia tidak mau kita hidup dalam penderitaan dan maut. Tapi Dia ingin supaya kita hidup dalam damai dan sukacita dalam memuji dan memuliakan nama-Nya.

Saudara sekalian, demikian besar kasih Tuhan kepada kita dan rangkaian pemulihan itu dimulai Allah dari pihaknya sendiri. Walaupun kita hidup dalam dosa namun Dia tetap setia dalam Anugerah-Nya. Dan kalau saat ini kita sedang terjatuh dan merasakan penderitaan yang teramat sangat, janganlah tawar hati. Teguhkanlah hati kita dan percaya bahwa Dia tetap ada untuk memberi kita pemulihan dan kemenangan. Karena Dia adalah Bapa yang baik yang tidak pernah meninggalkan kita. Amin.

5. Doding Haleluya No. 343:1+4

Banggal tumang do holong-Mu, pabayu goluhkon
Na doyuk kahou magou au, hape maluah do
Hujolom padan na toguh, in ma hata-Ni in
Ai Tuhan in do gogohkin, na hot sadokah nin

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.