Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 18 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 18 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 18 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 83:1 “Roh ma Ham, Tonduy Na Pansing”

Roh ma Ham Tonduy Na Pansing,
Naibatangku na botul!
Uhurnami ma papansing, mambalosi Ham bujur.
Sai sondangi Ham totap uhurnami na golap.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Lukas 1:15

Ai banggal do ia i lobei ni Tuhan in. Seng siinum anggur ampa sagala minuman na koras ia, anjaha gokan ni Tonduy Na Pansing do ia humbani partapaan nari.
Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya.

4. Renungan

Nas ini adalah pemberitahuan malaikat Gabriel kepada Zakharia. Malaikat itu memberi tahu Zakharia bahwa doanya akan terkabul, isi doa Zakharia dengan istrinya Elisabet memohon agar diberi keturunan. Meski itu mustahil menurut pandangan manusia karena usia mereka yang sudah lanjut. Namun malaikat Gabriel memberitakan bahwa Elisabet akan mengandung. Karena tidak percaya Zakharia mengalami kebisuan hingga ia harus menyampaikan berita itu dengan bahasa isyarat.

Malaikat mengatakan, “Jangan Takut!” Ini adalah kata penguatan yang pertama yang disampaikan malaikat kepada orang-orang pilihan Tuhan supaya tidak takut mendengar berita baru yang mungkin sulit diterima dan dipercaya manusia. Zakharia takut karena saat itu ia sedang berdiri mempersembahkan persembahan ukupan bagi Tuhan, di ruang tertutup, hanya ada satu cahaya obor yang menerangi ruangan itu. Namun tiba-tiba Tuhan berbicara melalui malaikat-Nya. Terkejut dan takut (ay.12) itulah perasaan yang dirasakan oleh Zakharia.

Tuhan mendengar dan menjawab doa mereka. Istrinya, Elisabet, akan memberinya seorang putra, dan Zakharia harus menamainya Yohanes (ay.13). Mereka dan banyak orang akan bersukacita, sebab ia akan menjadi besar di mata Tuhan: ia tidak akan menyentuh anggur atau minuman beralkohol lainnya; dipenuhi dengan Roh Kudus; akan mengubah banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan; akan membuat hati para bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya, dan hati orang-orang durhaka kepada orang-orang benar; menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya. Yohaneslah yang mempersiapkan orang-orang untuk kedatangan Tuhan. Sebab ia yang mengumumkan kedatangan Mesias. Demikianlah kebesaran dari Yohanes. Hidupnya dipakai Tuhan untuk menyampaikan kabar sukacita bagi umat-Nya.

Melalui nas ini kita diingatkan bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang sungguh sangat baik, mau mendengar dan menjawab doa orang-orang yang setia kepada-Nya. Permintaan Zakharia dan Elisabet tidak hanya dijawab tetapi justru Tuhan memiliki rencana melalui Yohanes. Tuhan tahu apa yang terbaik bagi kita. Maka tetaplah berdoa. Tuhan mau bahwa setiap kelahiran itu memberi sukacita bagi dunia ini. Artinya biarlah hidup kita membawa dampak yang baik yang dapat menghibur dan memberi kegembiraan bagi setiap orang yang berinteraksi dengan kita. Inilah hidup dikehendaki oleh Tuhan kita, hidup kudus dan tidak bercacat meski di tengah-tengah berbagai krisis kehidupan. Berilah hidupmu dipakai-Nya seturut dengan rencana-Nya untuk kemuliaan-Nya. Hingga kita besar di hadapan Tuhan. Amin.

5. Doding Haleluya No. 343:1+4 “Banggal Tumang do Holong-Mu”

Banggal tumang do holong-Mu, pabayu goluhkon,
Na doyuk kahou magou ahu, hape maluah do.
Hujolom padan na toguh, in ma hata-Ni in
Ai Tuhan in do gogohkin, na hot sadokah nin.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.