Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 25 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 25 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 25 Desember 2020

1. Doding Haleluya No. 26:1 “Malas ma Uhurnima”

Malas ma uhur nima, na pintor uhur in
Domma roh Raja nima, mamboan tuah in
Seng marpanrantam in anggo bani parroh-Ni;
Naipe tuk do gogoh-Ni padaoh dorunta in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Psalmen 98:8-9

Martopap-topap ma bah mardalan, marolob-olob ma rap-rap sagala dolog, i lobei ni Jahowa, ai roh do Ia laho manguhum tanoh on. Uhumon-Ni ma dunia on marhitei hapintoron ampa sagala bangsa marhitei hasintongan.
Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan, dan gunung-gunung bersorak-sorai bersama-sama di hadapan TUHAN, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kebenaran.

4. Renungan

Selamat Natal.
Kita bersyukur pada hari ini kita dapat merayakan natal. Kita merayakan kelahiran Tuhan Yesus Kristus, Putra Allah yang lahir ke dunia ini untuk menebus dosa-dosa kita.

Melalui nas hari ini Pemazmur mengajak kita untuk bergembira karena penghakiman Tuhan akan segera datang. Dia akan menghapus semua kesedihan dan dosa dengan penghakiman-Nya yang benar. Tuhan telah menyatakan keselamatan-Nya sampai ke seluruh ujung bumi. Peristiwa Natal adalah peristiwa sukacita yang disampaikan oleh malaikat kepada para gembala bahwa Raja Keselamatan telah lahir di tengah-tengah dunia. Tentu berita sukacita ini juga yang sampai kepada kita hingga saat ini. Ketika hari natal tiba, kita menyambutnya dengan hati yang gembira, sebab keselamatan itu telah diberikan bagi kita orang berdosa.

Maka seperti Pemazmur ini mendorong kita untuk bersorak gembira dan bernyanyi dengan suara harpa, terompet dan tanduk. Ungkapan syukur itu dapat disampaikan melalui alat musik untuk memuji kebesaran Tuhan. Pemujian kepada Tuhan Sang Penebus itu tidak hanya melalui manusia dan alat musiknya. Tetapi alam ciptaan-Nya juga menyatakan sukacita atas keselamatan yang dari Tuhan. Laut mengaum, sungai bertepuk tangan, dan bukit-bukit bersorak-sorai. Begitulah alam dengan caranya memuji Tuhan dan memberi keindahan dan berarti bagi kehidupan di dunia ini.

Setelah berabad-abad terperangkap dalam dosa, semua ciptaan dibebaskan dan kuasa dosa tidak lagi diizinkan untuk menindas umat Allah lagi. Inilah sukacita besar bagi kita dan kita patut bersyukur buat hari ini. Kristus telah lahir bagi kita, ia menghapus semua penderitaan dan dosa kita. Meski di tengah keterbatasan karena pandemi ini biarlah hati kita tetap dilimpahi oleh sukacita natal, hidup kita menjadi berarti untuk hormat dan kemuliaan bagi Yesus, Sang Juruselamat, yang kita rayakan pada hari ini. Amin.

5. Doding Haleluya No. 313:1 “Humbai Pulou ge Banua”

Humbai pulou ge banua sai tarbogei do torus
Doding na mamuji Tuhan Sipanobus jolma in
Gloria, puji ma Tuhanta, Gloria, puji ma Tuhanta

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.