Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 28 Desember 2020

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin 28 Desember 2020

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 28 Desember 2020

 

  1. Mandoding Hal no 34:1

Sai roh ma bai harang i Betlehem on

Ganup na porsaya podas ma hujon

Manonggor hamegah ni uhurta in

Tinongos ni Bapa na i surga in

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Mateus 2 : 11

Imasuki sidea ma rumah ai, gabe ididah sidea ma Dakdanak ai rap pakon si Maria inangNi ai. Dob ai manrogop ma sidea marsombah hu Bani, ibuka sidea ma artani anjaha isombahkon ma Bani sibere-bere ni sidea, omas, dahupa ampa mir.

Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibuNya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepadaNya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

 

  1. Renungan

Kelahiran Tuhan Yesus adalah kelahiran juruselamat dunia. Dia datang bukan hanya untuk orang Yahudi atau mereka yang adalah keturunan Israel, tetapi untuk semua orang. Hal ini sudah diperlihatkan dalam Alkitab kita sejak kelahiranNya. Secara khusus dalam bacaan kita digambarkan mengenai orang Majus yang datang dari daerahnya menuju ke tempat kelahiran Tuhan Yesus.

 

Orang Majus yang datang dari Timur adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan yang baik, mereka juga adalah orang yang terpandang, dan memiliki harta yang cukup berharga. Mereka dengan sengaja datang ke tanah Yudea untuk mencari raja yang baru lahir. Hal ini menunjukkan bahwa kelahiran Yesus mempunyai dampak atau pengaruh sampai ke tempat yang jauh, dan itu juga yang menjadi bukti bahwa kita yang ada di Indonesia atau Simalungun juga ikut menjadi tujuan dari kelahiran Tuhan Yesus.

 

Yesus yang lahir di Betlehem disebut oleh orang Majus sebagai raja. Hal ini bukan hanya wacana tetapi ditunjukkan dengan kehadiran mereka yang datang menyembah Yesus. Wujud penyembahan itu terlihat secara nyata dalam persembahan yang mereka berikan kepada Yesus yaitu mas, kemenyan dan mur. Ketiga benda itu tergolong sebagai harta yang berharga yang menunjukkan penghargaan yang sangat besar kepada seorang raja.

 

Jika Tuhan Yesus juga lahir untuk kita, maka kita juga harus menyembah Dia dengan segala yang ada pada kita. Kita persembahkan yang terbaik bagi Tuhan sehingga semakin nyata bahwa kita adalah orang-orang yang ikut diselamatkan oleh Tuhan. Kita bersyukur atas keselamatan yang Yesus bawa sehingga kita dapat tetap bersemangat termasuk di masa pandemik ini.

 

  1. Mandoding Hal no 315:3

Ai ididah Majus do bintangNi in

Roh sidea manombah Tuhanta in

Mas, hamonan, minak do na isombahkon in

Pasangap Rajanta siboan damei in, sangap, sangap.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.