Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 2 Januari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 2 Januari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 2 Januari 2021

1. Doding Haleluya No. 404:1 “Ganup Ari do in”

Ganup ari do in, ronsi tahun hu taun, sihol do hu dodingkon GoranMu.
Ham Tuhan Naibata, sai hupuji do Ham, halani haganup layakMu.
Ham arta na harga poltik hu jolom in, humbani nahinan Ham do tong Naibatangkin.
Bonani na dear, ronsi sadokahnin, Panondang na lihar, bai ganup na golap in.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Yosua 1:9

Ai lang domma Huhatahon bam, “Pir ma tonduymu anjaha totap uhurmu, ulang gobir anjaha mabiar, ai Jahowa Naibatamu do hasomanmu, barang huja pe ho laho?”
Bukankah telah kuperintahkan kepadamu, kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

4. Renungan

Tahun 2020 telah kita lalui dengan perjuangan yang berat. Hari ini melalui anugerah Tuhan kita diberikan kesempatan masuk tahun yang baru 2021. Pandemi covid-19 belum berlalu dari dari dunia ini. Ada rasa gentar dalam melangkahkan kaki di tahun baru ini.

Yosua sendiri pun pernah merasa gentar, padahal ia telah menjadi asisten Musa kurang lebih 40 tahun, jadi pengalamannya sudah lebih dari cukup. Namun tugas baru untuk menjadi pemimpin bangsa Israel menggantikan Musa tidak enteng. Daerah baru yang akan diberikan Tuhan itu harus direbut dengan peperangan, karena tanah itu sudah berpenghuni. Rasa gentar dan keraguan Yosua dipahami oleh Allah, maka sampai tiga kali Ia berkata kepada Yosua: “… kuatkan dan teguhkanlah hatimu…”(6-9). Alasan yang diberikan Tuhan kepada Yosua mengapa harus kuat adalah karena kuasa Allah dan jaminan kemenangan-Nya.

Marilah kita sadari bahwa tangan Allah yang kuat itu akan menolong kita juga dalam menghadapi apa saja. Kunci keberhasilan kepemimpinan Yosua adalah terletak pada ketaatan akan firman Allah, bukan pada strategi perang. Inilah cara terbaik yang dikatakan Allah kepada Yosua dan juga kepada kita dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup yakni hidup sesuai firman Tuhan.

Kita diingatkan Tuhan untuk menjadikan firman Tuhan sebagai pelita bagi langkah kita serta cahaya bagi jalan kita. Dengan hidup kita yang berdasarkan firman Tuhan, kita akan dituntun ke jalan yang benar dan penuh kemenangan. Masalah apapun yang menghadang tak akan sanggup mengalahkan kita. Kita sudah siap menjalani hidup di tahun 2021 ini dengan mantap. Sebab Tuhan senantiasa bersama kita dan memampukan kita dalam menjalankan kehidupan kita masing-masing. Amin.

5. Doding Haleluya No. 52:1 “Jesus Tolong Ham Hanami”

Jesus tolong Ham hanami, bani tahun baru on,
Sai pabayu goluh gogoh nami, mangirikhon Ham tongtong.
Pasu-pasu Ham homa, ganup na porsaya da.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.