Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 9 Januari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 9 Januari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 9 Januari 2021

1. Doding Haleluya No. 305:1

Martumpu ganupan manombah Tuhan.
Sai puji ma Ia parlayak do in
Maronti ma ganupan paruntolon
I gantih gabe damei na sonang.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Johannes 6:29

Nini Jesus ma mambalosi sidea, “On do horja harosuhni Naibata, ase porsaya nasiam bani na sinuruh-Ni.”
Jawab Yesus kepada mereka: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

4. Renungan

Jemaat Tuhan…,
Melalui nas ini Yesus mengingatkan semua orang yang mengikuti-Nya, tidak bekerja hanya untuk makanan jasmani yang memberi kekuatan terbatas. Namun untuk hidup yang kekal. Kemudian orang banyak yang mengikuti-Nya bertanya apakah yang harus mereka kerjakan agar memperoleh hidup kekal tersebut. Dalam benak mereka adalah dengan banyak berbuat baik.

Tetapi jawaban Yesus kepada mereka: “inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.” Allah telah mengutus anak-Nya sendiri ke dunia. Ayat pertama Injil Yohanes menyatakan bahwa pada mulanya adalah firman, dan firman itu telah menjadi daging yaitu Yesus. Oleh sebab itu siapa yang percaya kepada Yesus percaya kepada firman Tuhan.

Jemaat Tuhan…,
Di dalam injil Yohanes kata “percaya” yang dipakai sebanyak 98 kali adalah sama dengan menerima Kristus (Yoh.1:12) dan meliputi tanggapan hati (bukan saja mental) yang menghasilkan suatu komitmen dari seluruh kehidupan kepada Dia. Saat ini pemerintah telah mengumumkan tentang darurat pandemi covid 19. Semua warga masyarakat dianjurkan agar disiplin menjalankan protocol kesehatan 3 M: memakai masker; mencuci tangan; menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sebagian orang tidak percaya virus corona ada, karena tidak melihatnya. Mereka tidak menjalankan prokes. Namun kenyataannya sudah hampir seluruh rumah sakit di Indonesia full dengan pasien yang terkena C-19.

Tetapi orang yang percaya ada virus corona, tetap waspada dan disiplin mengikuti prokes. Melalui firman Tuhan ini, semoga semakin memperkuat dasar iman kita, supaya kita orang percaya dapat terus percaya kepada Yesus dengan ketaatan pada kebenaran firman-Nya, kendatipun ada ajaran palsu. Kita hidup karena percaya, bukan karena melihat. Amin.

5. Doding Haleluya No. 254:1

Tong do pangajaman Tuhan Jesus in
Ai domma iporsan ganup dousa in;
Hata ‘ge damei-Ni hagoluhanni ganup
Na porsaya bai Hata-Ni in
Hata ‘ge damei-Ni hagoluhanni ganup
Na porsaya bai Hata-Ni in

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.