IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Senin, 11 Januari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS

Senin, 11 Januari 2021

 

  1. Mandoding Hal no 302:1

Puji hita Naibatanta puji hita AnakNin

Puji hita ge Tonduyni Sitolu sada do in

Haleluya, Haleluya Sitolu sada do in.

 

  1. Tonggo

 

  1. Ayat Harian: Epesus 5 : 8

Ai golap hinan do nasiam, tapi sonari lihar do nasiam ibagas Tuhan in; marparlahou ma nasiam songon anak haliharon.

Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.

 

  1. Renungan

Hari ini dalam bacaan kita rasul Paulus berbicara terus terang kepada kita tentang keberadaan kita di hadapan Tuhan. ‘Dahulu kamu adalah kegelapan’ adalah ungkapan terus terang yang disampaikan Paulus. Yang ingin dia katakan adalah bahwa manusia karena kelemahannya bisa tergoda oleh rayuan dunia dan jatuh ke dalam genggaman iblis sehingga melakukan apa yang dilarang oleh Tuhan. Segala jenis kejahatan dilakukan oleh manusia yang hidup dalam kegelapan.

 

Kehadiran Tuhan Yesus ke dunia ini telah membawa kehidupan yang baru. Kehidupan yang baru itu disebut dengan terang. Karena Kristus adalah terang maka dia tidak akan dikalahkan oleh kegelapan sehingga manusia yang jatuh ke dalam kegelapan itu akhirnya dipulihkan oleh sang terang. Mereka akhirnya disebut sebagai anak-anak terang. Inilah status manusia yang sudah diselamatkan oleh Yesus melalui kehadiranNya dan pengorbananNya.

 

Apa yang disebutkan dalam surat Efesus ini tentang pekerjaan kegelapan, itu secara jelas dituliskan Paulus agar manusia dapat memahami bahwa itu adalah kejahatan. Kejahatan itu dikategorikan dengan pekerjaan kegelapan. Hidup dalam kegelapan itu harus ditinggalkan oleh manusia baru yang sudah ditebus Kristus. Hidup dalam terang tentu menjadi bagian yang tidak boleh diabaikan oleh manusia. Tidak ada pekerjaan kegelapan lagi dalam diri orang Kristen.

 

Di masa penantian kita akan seruan pemerintah tentang vaksin jangan kita biarkan diri kita dipengaruhi oleh suara kegelapan yang bisa membuat kita dan orang lain menjadi takut atau apatis. Tetapi biarlah kita sebagai anak terang ikut menerangi pekerjaan baik yang mengupayakn kesehatan dan keselamatan umat manusia. Tentu kita juga mengamati agar tidak terjadi pekerjaan kegelapan di antara penyelenggara negara dan mereka yang mengupayakan vaksin tersebut. Inilah pekerjaan anak terang yang bisa kita lakukan hari ini.

 

  1. Mandoding Hal no 248:2

Huhaholongi Ham goluhku, ai Ham do hagoluhankin

Ningon tongtong Ham pujionku au na sinondanganMu in

Holong mamitah uhurhin Bamu o Jesuskin.

 

  1. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

 

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2021: GKPS | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress