Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 12 Januari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 12 Januari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 12 Januari 2021

1. Doding Haleluya No. 340:1

Huondoskon bani Jesus haganupan diringkon
Ia do pasangaponku sadokah bai goluhkon
Huondoskon ma, huondoskon ma.
Bani Jesus Sipaluah, huondoskon ma.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Musa 15:6

Porsaya ma si Abram bani Jahowa, anjaha ai ma ihira Jahowa gabe hapintoronni.

Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.

4. Renungan

Banyak orang bahkan hingga pada hari ini masih terus-menerus mencari cara atau jalan bagaimana agar dia benar atau dalam posisi benar di hadapan Allah. Alkitab secara sederhana mengatakan bahwa ketika kita percaya atau beriman kepada Allah maka itulah kebenaran. Nas hari ini sangat luar biasa sehingga Rasul Paulus berulangkali menunjuk kepada teks ini dalam surat-suratnya untuk mengingatkan kita akan kebenaran mutlak bahwa “kita diselamatkan hanya melalui iman saja.” Abraham dan Sarah tidak luput dari dosa dan kesalahan, tetapi mereka tetap dalam relasi dengan Allah dan percaya bahwa Allah mempunyai rencana yang indah atas mereka. Inilah juga yang menjadi kekuatan dan semangat bagi kita dalam menjalani kehidupan kita khususnya di tahun 2021 ini.

Nas ini mengingatkan kita untuk semakin teguh dalam iman dalam melakukan tugas dan panggilan yang telah ditetapkan Allah bagi kita. Bagaimanakah keadaan iman kita saat ini?
Sekali lagi, Abraham sangat jauh dari sempurna, namun Allah terus menerus memberkati dia dalam jatuh bangun kehidupannya. Kasih karunia Allah senantiasa menyinari kehidupannya dan inilah yang seyogyanya memberikan keyakinan bagi kita dalam perjuangan melawan keraguan dan ketakutan kita. Semua kebaikan dan kesuksesan dalam hidup Abraham bukanlah terletak pada kekuatan dirinya melainkan pada siapa yang ia percayai yang menjadikannya benar di hadapan Allah.

Bukti atau tanda iman kita kepada-Nya ditemukan dalam perbuatan kita. Iman tanpa perbuatan adalah mati. Ini berarti bahwa jika kita percaya akan sesuatu, maka perbuatan kita akan mendukung apa yang kita percayai tersebut. Karena Abraham mempercayai Allah, ia melakukan firman-Nya dan taat pada perintah-Nya untuk meninggalkan segalanya lalu berangkat menuju tempat yang ditunjukkan Allah padanya. Demikianlah juga dengan kita ketika kita percaya kepada Allah maka kita harus meninggalkan segala sesuatu menuju kehidupan baru yang disediakan Allah.

Iman Abraham tidak vakum tapi menggerakkan untuk berbuat sesuatu. Ia senantiasa menunjukkan imannya di mana dan kapanpun serta apapun yang dia hadapi dalam kehidupannya. Iman yang demikianlah yang membenarkannya di hadapan Allah serta kunci kesuksesan dalam segenap kehidupannya. Maka tetaplah percaya dan beriman kepada Allah di dalam Yesus Kristus, tetaplah bergerak dan berbuat dan percaya bahwa hari yang terbaik menanti di hadapanmu. Amin.

5. Doding Haleluya No. 142:4

Haporsayai ma Hata in, ai in do haluahon.
Arapkon Tuhan Jesus in, daroh-Ni in ma jolom.
Age gok dousa uhurmin, maluah do bahenon-Nin.
Tongon, tongon, maluah baenon-Nin.

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.