IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 13 Januari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 13 Januari 2021

1. Doding KJ. No. 10:1

Pujilah Tuhan Sang Raja yang Maha mulia
Segenap hati dan jiwaku pujilah Dia
Datang berkaum, b’rilah musikmu bergaung, angkatlah puji-pujian!

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Johanes 1:29b

Tonggor ma, Ia do Biribiri ni Naibata na mamorsan dousa ni dunia on
Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

4. Renungan

Saudara yang terkasih, kita sering mendengar bahwa Allah turut hadir di mana pun. Keberadaan Allah tidak terbatas dalam ruang dan waktu. Dia lebih dari semuanya dan melampaui segala sesuatunya. Dalam dunia Perjanjian Lama kita ketahui bagaimana Allah menampakkan diriNya melalui peristiwa-peristiwa yang dicatat Alkitab kepada hamba-hambaNya seperti Yakub, Musa serta tokoh-tokoh Alkitab lainnya termasuk para nabi-nabi dengan cara Allah sendiri.

Dan dalam dunia Perjanjian Baru menurut catatan Yohanes, Allah hadir ke dunia ini melalui Yesus Kristus yang kedatangannya untuk menjadi korban atas dosa-dosa manusia. Hal itulah yang dicatat oleh Yohanes dalam nas ini. Dia telah melihat bahwa keselamatan manusia telah dijamin melalui kehadiran Yesus Kristus di dunia ini. Kedatangan Yesus yang menjadi korban penghapusan dosa itu telah tiba.

Ada apa dengan perkataan Yohanes yang mengatakan “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” Bahwa Yesus sebagai Anak Domba Allah menunjukkan bahwa Dia adalah sang korban agung, yang dengannya pendamaian akan dosa dibuat. Dalam tradisi Israel ada persembahan sehari-hari yang mesti mereka lakukan sebagai korban penghapusan dosa (Kel. 29:38).

Yesus sebagai domba Allah menghapus dosa manusia melalui dirinya sendiri. Dialah korban harian itu. Dan juga Yesus sebagai Anak domba Allah hendak menyatakan bahwa korban persembahan yang mereka lakukan pada saat paskah sekaligus memperingati kelepasan dari tanah Mesir bukan lagi melalui darah domba seperti yang selama ini mereka lakukan, melainkan melalui darah Yesus Kristus sendiri. Ia telah membasuh dosa menusia melalui darahnya. Ia telah membenarkan, menguduskan dan menghapus dosa manusia.

Saudara sekalian, lihatlah Dia yang telah hadir untuk membasuh dosa kita. Dia telah menghapus dosa kita. Kewajiban kita adalah membenci dosa itu sendiri. Kita telah disucikan oleh karya penebusanNya, responlah itu melalui hidup yang kudus. Amin.

5. Doding Haleluya No.327:1

Marpangusandeian bani Tuhan in, puji sai pasangapma goran-Ni in
Monang halani hata-Ni Tuhan in, mangarapkon parpadanan in
Sai mangarap, bani padanni Tuhanta Jesus Kristus
Sai mangarap ma hita bai partobusan-Ni in.

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2021: GKPS | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress