Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 5 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Jumat, 5 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Jumat, 5 Februari 2021

1. Doding Haleluya No. 10:1-2 “Paturut Ham Bennami”

Paturut Ham bannami, o Jesus holong-Mu
Ase ulang hanami, itipu munsuh-Mu

Palongkot Ham, o Tuhanm bannai hata-Mu in
Ase roh tuahnami sadokah-dokahnin

2. Tonggo

3. Ayat Harian: 1 Petrus 1:6

In do ihamalaskon nasiam, age pe marhoru nasiam tongkin sonari, anggo porlu ibagas bagei ni parlajouan.
Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.

4. Renungan

Bergembira karena berhasil adalah hal yang biasa. Hidup nyaman, usaha sukses, jabatan mantap, sehat, kuat penuh sukacita. Semua orang pasti akan setuju merasa senang jika demikian keadaan hidupnya. Namun dalam keadaan yang kita hadapi saat ini, menghadapi situasi pandemi covid 19 ini membuat kita sulit untuk bergembira. Ada di antara kita yang terpapar virus sehingga kita tidak dapat bekerja, ada yang harus kehilangan pekerjaan karena perusahaan mengurangi pekerja, pengusaha yang bangkrut, secara ekonomi kita sedang sulit namun kita harus tetap bertahan.

Nas hari ini mengingatkan kita bahwa sebagai orang percaya, hidup kita tidak selalu mudah. Adakala kita menghadapi keadaan yang tidak nyaman, dibatasi, bahkan ditindas seperti yang dialami jemaat mula-mula pada masa rasul Petrus. Mereka dikejar-kejar dan dianiaya. Namun rasul Petrus memberi peneguhan, agar orang percaya tidak berputus asa, menyerah pada keadaan. Tetapi orang percaya harus kuat, sekalipun keadaan yang dialami tidak enak, buruk, sulit, menderita. Bahkan penderitaan-penderitaan itu dianggap sebagai cobaan hidup. Meski di tengah situasi demikian bergembiralah. Berdamailah dengan suasana itu. Nikmatilah keadaan yang berat itu. Walau mungkin tidak mudah bagi kita untuk dapat melakukan firman ini, namun dengan cara itulah kita bisa bergembira, bersukacita senantiasa entah dalam keadaan suka atau keadaan duka.

Untuk itulah kita telah dipanggil, dipilih dan diselamatkan oleh Kristus Yesus Tuhan kita. Kita dipanggil untuk menjadi pengikut yang setia baik dalam senang maupun sulit. Kita percaya bahwa penderitaan ini akan berlalu dan kesulitan itu adalah sebagai masa penyucian, dalam rangka untuk memurnikan iman kita kepada Tuhan. Maka bergembira di dalam Tuhan, penuhilah hati kita dengan kasih-Nya. Dengan itulah kita dapat menjadi alat Tuhan di tengah dunia ini, untuk mensyukuri anugerah dan keselamatan dari-Nya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 275:1 “Martuah do Na Marhaposan”

Martuah do na marhaposan, bai Naibata Bapanta in
Ai in do dapot pangapohon, bai ganup sitaronon in
Seng horsik be onjolan ni na mangkaposi Tuhan in

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.