Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Sabtu, 6 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Sabtu, 6 Februari 2021

1. Nyanyian Kidung Jemaat No. 454:1

Indahnya saat yang teduh menghadap takhta Bapaku
Kunaikkan doa pada-Nya, sehingga hatiku lega.
Di waktu bimbang dan gentar, jiwaku aman dan segar
Ku bebas dari seteru di dalam saat yang teduh.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jeremia 1:19

Porangon ni sidea do ho, tapi seng tartaluhon sidea, ai Ahu do hasomanmu, nini Jahowa, na paluahkon ho.
Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.

4. Renungan

Yeremia dipanggil Tuhan untuk menyampaikan firman-Nya yang berisi nubuat yang mengingatkan umat dan pemimpin Israel. Jauh sebelum lahir, Tuhan telah mempunyai rencana atas hidup Yeremia. Tugasnya tidak tanggung-tanggung, karena harus meneruskan firman Tuhan yang menentukan jatuh bangunnya bangsa-bangsa dan kerajaan-kerajaan. Tuhan mengingatkannya, bahwa semua kekuatan dunia akan memeranginya. Serangan dan rintangan pasti akan dihadapinya. Yeremia sempat menolak panggilan Tuhan tersebut dengan berkata bahwa ia masih muda dan tidak mampu melaksanakan tugas berat tersebut. Namun Tuhan menjanjikan penyertaan-Nya kepada Yeremia dalam “peperangan” tersebut.

Yeremia cukup memiliki iman dan bersandar kepada Tuhan maka akan dikuatkan serta dilindungi dan dilepaskan Tuhan dari musuh. Dengan percaya pada janji Tuhan tersebut, ia akhirnya menerima dan melaksanakan tugas tersebut. Benar, Tuhan tetap menyertai dan menguatkan Yeremia dalam segenap hidupnya dalam melakukan pewartaan kebenaran firman Tuhan.

Sekarang juga para hamba Tuhan dan pengikut Kristus, diutus ke dalam dunia yang siap menentang pemberitaan firman-Nya. Ketakutan dan kebimbangan kadang-kadang dapat menghinggapi jiwa kita. Hal itu bagi menyebabkan sebagian orang menyerah dan berputus asa. Ditambah persoalan pandemi covid-19 serta dampaknya. Namun melalui nas ini kita diingatkan bahwa Tuhan tidak pernah janji, “langit selalu biru, jalan selalu rata,” tapi Dia berjanji selalu menyertai dan beri kekuatan bagi setiap orang yang setia dan percaya. Tuhan Yesus Kristus yang telah mengalahkan dunia menegaskan “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” Sebab itu kata menyerah dan putus asa bukanlah jawaban kita atas pergumulan berat yang kita hadapi sekarang, tapi bangkitlah Tuhan sanggup memulihkan. Muzizat Tuhan ada bagi setiap orang yang setia dan percaya. Amin.

5. Doding Haleluya No. 138:1

Jahowa Naibatanta do tarbaen batar-batarta
Munsuhta ningon talu do, ibaen parlingodanta
Ai anggo munsuh in, sibolis gorannin,
bajan do akalnin parseda jolma in
seng dong na pag mangkubu.

6. Tonggo Ham Bapanami / Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.