Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 9 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Selasa, 9 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Selasa, 9 Februari 2021

1. Doding Haleluya No. 348:1

Sauhur sapanriah ma, ganup kuria in.
Marhasadaon na dear, ibagas Tuhan in.
Riap ma hita haganup, mamuji Tuhan rup.
Mardamei marsiurupan, marsihaholongan.

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Mateus 25:40

Dob ai balosan ni Raja ai ma sidea: Sintong do na Huhatahon on bani nasiam: Haganup na binahen nasiam bani sada halak angging-Ku na etek-etek on, na hu-Bangku do in ibahen nasiam.
Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

4. Renungan

Yesus memberikan suatu gambaran tentang akhir zaman ketika Dia datang kembali untuk keduakalinya. Setiap orang akan dipisahkan ke dalam salah satu dari dua kelompok: domba dan kambing. Kelompok domba adalah semua orang yang melakukan apa yang diinginkan Allah, dan kelompok kambing adalah semua orang yang tidak melakukan apa yang diinginkan Allah. Kepada kelompok domba Yesus mengatakan bahwa mereka telah memberi-Nya makan, pakaian dan mengunjungi-Nya. Kepada kelompok kambing Dia mengatakan yang sebaliknya, tidak memberi-Nya makan, pakaian dan mengunjungi-Nya. Kedua kelompok itu terkejut. Mereka tidak merasa melakukan apapun dari semuanya itu kepada-Nya. Yesus kemudian mengatakan bahwa jika kamu melakukan semua itu kepada seseorang, kamu telah melakukannya kepada-Ku dan jika kamu tidak melakukannya kepada seseorang, maka kamu tidak melakukannya kepada-Ku.

Setiap orang memiliki kemampuan untuk berbuat sesuatu kepada seseorang atau sesamanya. Kemampuan untuk berbuat sesuatu yang baik tidak tergantung kepada keberadaan seseorang, baik kaya maupun sangat miskin. Mengunjungi seseorang yang sedang sakit, bergumul karena dampak Covid-19 atau yang sedang dipenjara misalnya tentu tidak membutuhkan biaya dan waktu yang begitu banyak, tapi perbuatan baik itu akan sangat berarti bagi hidup seseorang. Jika kita memiliki kemampuan untuk memenuhi sesuatu yang dibutuhkan sesama kita, maka selayaknyalah kita melakukan apa yang dapat kita lakukan memenuhinya. Dengan melakukan itu, kita juga telah melakukannya untuk Yesus. Hal ini juga berlaku bahkan untuk menolong seseorang yang belum percaya kepada Yesus sama sekali.

Dunia juga bahkan menilai dengan baik dan positif segala perbuatan menolong orang lain. Bedanya adalah bahwa seringkali dunia melakukannya untuk pencitraan dan prestise. Namun selaku orang percaya, seyogianyalah kita melakukannya karena kasih kepada sesama dan kasih kepada Kristus yang telah terlebih dahulu mengasihi kita. Segala sesuatu yang kita lakukan dan perbuat terhadap sesama adalah perbuatan yang kita lakukan bagi Allah.

Maka mintalah kepada Allah agar Dia menunjukkan jalan dan kekuatan bagimu untuk menolong seseorang pada hari ini. Curahkan segala kemampuanmu untuk memberikan sesuatu yang diperlukan seseorang. Ingatlah bahwa jika kita belum melihat sesuatu yang dibutuhkannya, mungkin kita hanya perlu menyapa dan mengunjunginya. Semua yang kita lakukan atau tidak lakukan akan diperhitungkan. Berdoalah kepada Tuhan agar Dia menunjukkan jalan bagi kita untuk menolong orang lain; agar mata kita terbuka untuk melihat apa yang diperlukan orang lain; agar kita melihat dan memahami bahwa berbuat bagi orang lain adalah juga berbuat bagi Yesus; agar kita tidak kehilangan kesempatan untuk menjadi berkat dan dipakai Tuhan membangun kerajaan-Nya. Amin.

5. Doding: “Hidup Ini Adalah Kesempatan”

Hidup ini adalah kesempatan
Hidup ini untuk melayani Tuhan
Jangan sia-siakan apa yang Tuhan bri
Hidup ini harus jadi berkat

Reff :
Oh Tuhan pakailah hidupku
Selagi aku masih kuat
Bila saatnya nanti
Ku tak berdaya lagi
Hidup ini sudah jadi berkat

6. Tonggo Ham Bapanami/Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.