Jl. Pdt. J. Wismar Saragih Pematangsiantar
+62622 23676
info@gkps.or.id

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 10 Februari 2021

GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN

IBADAH HARIAN KELUARGA GKPS Rabu, 10 Februari 2021

Ibadah Harian Keluarga GKPS
Rabu, 10 Februari 2021

1. Doding Haleluya No. 496:1

Idilo Tuhan Naibatanta haganup kuriaNi in
Ase manjalo haluahon, na binoban ni Kristus in
Tangihon ma dilo-diloNi, pateleng Ham ma pinggolmu
Ulang manosal holi dobni, Bai ujung ni panorangmu

2. Tonggo

3. Ayat Harian: Jesaya 2:5

Ale ginompar ni si Jakob, eta ma, mardalan ma hita bani sondang ni Jahowa.
Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN!

4. Renungan

Seorang pengelana terjerembab ke dalam sebuah lobang yang dalam yang ternyata lobang itu adalah sebuah gua yang penuh dengan lorong-lorong yang gelap. Semakin jauh dia menelusuri lorong di dalam gua tersebut semakin kegelapan menyelimuti hingga dia tidak dapat lagi melihat. Kegelapan telah menyelimuti matanya. Dengan bersusah payah dia kembali menelusuri goa tersebut hingga pada akhirnya dia menemukan seberkas cahaya kecil yang menuntun dia menuju jalan keluar dari kegelapan tersebut. Saudara sekalian, setiap kita memerlukan terang dalam menapaki kehidupan ini. Terang itu menuntun kita ke arah yang lebih baik. Terang itu memberi harapan kehidupan bagi mereka yang tersesat.

Umat Kristen telah diajari untuk hidup di dalam terang. Soal bagaimana pentingnya hidup di dalam terang sebenarnya telah ada sejak zaman Perjanjian Lama. Yesaya 2:5 ini merupakan buktinya. Firman yang dinyatakan kepada Yesaya ini menyerukan supaya hidup dalam terang Tuhan. Terang yang mengajari kita akan jalan-jalan-Nya. Terang yang mengajari kita akan kehadiran-Nya di dalam Yesus Kristus yang memberi kenyamanan dan kedamaian, sukacita dan kekuatan serta pengharapan bagi yang mempercayai-Nya.

Dalam dunia Perjanjian Baru Terang Tuhan yang dimaksudkan itu telah hadir dan menjadi nyata dalam kehidupan ini. Siapakah terang itu? Yesus pernah berkata dalam Yohanes 8:12, Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

Apa maksudnya bahwa Yesus adalah terang dunia? Dia adalah satu-satunya yang menerangi dan menuntun setiap ciptaan-Nya. Sama seperti satu matahari yang menyinari bumi demikian pula hanya satu Kristus yang menjadi surya kebenaran. Setiap orang yang berjalan bersama-Nya tidak akan berjalan dalam kegelapan lagi karena dia telah mempunyai terang hidupnya sendiri yaitu terang yang menghasilkan hidup, sama seperti Roti Hidup yang menghasilkan hidup. Selamat berjalan di dalam terang hidup yang memberi hidup. Amin.

5. Doding Haleluya No. 160:1

Rapkon Tuhan Jesus in pungkah lahoanmu
Ningon bani Tuhan in tong pangguruanmu
Jesus baen hasomanmin, puho ampa modom
Dogei ma bokasni in, Tuhanmin panalom

6. Tonggo Ham Bapanami/ Doa Bapa kami

Departemen Persekutuan GKPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.